PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Staf Ahli Bupati Berau Belajar ADD di Kukar

Pemerintahan    6 tahun yang lalu   
   714 Kali

Sumber Foto: Staf Ahli Bupati Kukar Otoy Usman saat menyerahkan cindera mata kepada Ketua rombongan Staf Ahli Berau Agustinus.

TENGGARONG –Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima kunjungan kerja Staf Ahli Bupati Berau untuk saling bertukar informasi dalam pengelolaan dan sistem pertanggungjawaban Alokasi Dana Desa (ADD), Kamis (19/5/16) pagi di Ruang Staf Ahli Bupati Kukar, Tenggarong.

Kehadiran 5 (lima) orang Staf Ahli Bupati Berau dipimpin Agustinus dan diterima oleh Staf Ahli Bupati Kukar Bidang Kemasyarakatan dan SDM H Otoy Usman, didampingi Kepala Sub Bidang (Kasubbid) ADD Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemas dan Pemdes) Sopian.

Dalam pertemuan itu, ketua rombongan Agustinus mengatakan kedatangannya ke Kukar selain menjalin silaturahmi juga mempelajari bagaimana sistem pengelolaan dan pertanggungjawaban ADD. “Kami kesini untuk bertukar informasi sekaligus mempelajari sistem pengelolaan ADD, mulai dari administrasi, pencairan hingga pertanggungjawabannya,” katanya.

Staf Ahli Bupati Kukar Otoy Usman mengatakan pengelolaan ADD di Kukar cukup tertib, dimana kata Otoy pencairan ADD sendiri tidak bisa serta-merta diberikan begitu saja melainkan harus menyelesaikan dulu administrasi pertanggungjawaban ADD sebelumnya. “Kalau pertanggungjawabannya desa sudah dicroscek dan memenuhi syarat, barulah bisa dicairkan kembali ADD tahap berikutnya,” katanya.

Menurut Otoy, alokasi penggunaan dana desa juga disesuaikan dengan perencanaan awal yakni dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa), sehingga tidak ada celah untuk melakukan Mark-Up dana desa atas apa yang sudah dianggarkan dalam perencanaan awalnya. “Penggunaannya sendiri dilakukan secara mandiri swakelola desa atau padat karya, artinya jika ada proyek didesa misalnya semenisasi gang dan lainnya maka masyarakatlah yang mengerjakannya, sesuai dengan kewenangan desa,” ujarnya.

Sementara itu Kasubbid ADD Bapemas dan Pemdes Sopian menjelaskan apa yang ditanyakan salah satu rombongan Staf Ahli Berau tentang apakah ADD bisa digunakan untuk membangun pos kamling memberikan jawaban bahwa  ADD boleh digunakan untuk membangun pos kamling, sesuai dengan usulan didalam RPJM-Des.   “Penggunaan dana desa ada rincian kegiatannya termasuk dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jangan sampai menyimpang dari RPJM-Desa,” katanya.

Ditambahkan Sopian, anggaran ADD disetiap desa itu berbeda-beda tergantung dengan luas wilayahnya masing-masing, bahkan ADD juga bisa digunakan untuk membantu lembaga adat setempat. “Peraturan dan penggunaan ADD sudah jelas, intinya jangan sampai ada mark-up anggaran desa,” jelasnya.

Setelah mendengar penjelasan dan berdialog langsung, Ketua rombongan Staf Ahli Bupati Berau merasa puas. Pertemuan diakhiri dengan pemberian cindera mata, dilanjutkan dengan peninjauan ke Desa Loa Kulu didampingi Kasubid ADD Sopian. (hmp01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini359 pengunjung
Minggu Ini3.155 pengunjung
Bulan Ini13.264 pengunjung
Total Pengunjung196.891 pengunjung
Total Klik7.786.656 Kali