PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tiga Desa Hasil Pemekaran Di Resmikan

Pemerintahan    9 tahun yang lalu   
   2034 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Tiga Desa hasil pemekaran diwilayah kecamatan Loa Kulu, Rabu (28/12) Kemarin diresmikan oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf di kompleks perkantoran Desa Rempanga Jl FL Tobing, Loa Kulu. Ketiga desa tersebut yaitu desa Sepakat dengan jumlah penduduk 425 kepala keluarga (KK) dan 1.660 jiwa yang merupakan pemekaran desa Loa Kulu Kota. Desa Jongkang terdiri atas 311 KK 1.517 jiwa hasil pemekaran desa Rempanga,  serta desa Sumber Sari dengan jumlah 434 KK 5.915 jiwa hasil pemekaran desa Loh Sumber.

Peresmian Desa itu juga sekaligus diikuti dengan pelantikan tiga Kepala Desa (Kades) tersebut yaitu, Supariono Kades Sepakat, Sukarno Kades Sumber Sari dan H Salasnian Kades Jongkang. Ketiganya merupakan pemenang pemilihan Kades di desanya masing-masing, dan dipercaya memimpin dalam masa jabatan enam tahun kedepan.

Ghufron mengatakan bahwa pemekaran desa tersebut merupakan perwujudan aspirasi masyarakat, dalam usaha meningkatkan pelayanan yang lebih baik.

"Kami ingin desa-desa yang sudah ada akan lebih berkembang lebih maju dan semoga Kades yang baru dilantik dapat segera melaksnakan tugas dengan sebaik-baiknya " harapnya usai melantik dan mengambil sumpah tiga Kades tersebut.

Dikatakannya bahwa mekanisme penyelenggaraan pemerintahan daerah salah satunya sangat ditentukan oleh
kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa. Untuk itu pemberdayaan pemerintahan desa harus diperkuat agar semakin mampu mengemban tugas dan fungsi sebagai starata pemerintahan dan pelayanan masyarakat pada tingkatan bawah.

Pada kesempatan itu Ghufron juga menyampaikan beberapa hal penting bagi Kades dalam melaksanakan pembangunan desa dalam program Gerbang Raja.

Pertama, agar menjadi pemimpin yang memiliki empati dan peduli terhadap segala permasalahan masyarakat. Kedua, dalam penataan organisasi dan tata kerja pemerintahan desa harus diarahkan pada upaya peningkatan kualitas perangkat desa, bukan pengembangan struktur yang akan menmbah beban pengeluaran. Ketiga, Kades harus senantiasa berusaha meningkatkan kemampuan menejerial dan intelektual. Ke empat, melaksanakan prinsip komunikasi, koordinasi dan konsultasi secara sistematis dengan stakeholders terkait guna mendukung pelaksanaan pemerintahan, pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

"Serta yang ke lima, Kades harus melaksanakan kebijakan program yang telah ditetapkan oleh pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa dengan kreatif berdasarkan azaz tertib administrasi pemerintahan," demikian pesannya.

Sebelum pelantikan Kades, juga dilakukan peresmian Kantor Kades dan gedung serbaguna desa Rempanga. Guhufron berharap adanya bangunan baru tersebut dapat meningkatkan semangat dan kreatifitas dalam melaksanakan fungsi dan tugas aparat desa Rempanga.

Acara tersebut dihadiri Ketua DPRD KUkar Awang Yacoub Luthman dan beberapa anggota dewan, beberapa kepala instansi di lingkungan Pemkab Kukar, forom koordinasi Kecamatan Loa Kulu, serta masyarakat Rempanga. (hmp03)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini35 pengunjung
Minggu Ini1.043 pengunjung
Bulan Ini4.768 pengunjung
Total Pengunjung75.497 pengunjung
Total Klik1.981.880 Kali