PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tingkatkan Kualitas Aparatur melalui ESQ

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   2729 Kali

Sumber Foto:

 
TENGGARONG – Guna meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Jum’at (27/4) lalu bertempat Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, kurang lebih 113 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti pelatihan Pembinaan Mental Spiritual atau dikenal Emotional Spritual Question (ESQ).
 
Ketua panitia sekaligus Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar M. Ridha Darmawan menjelaskan, pelatihan ESQ ini sangat penting untuk meningkatkan SDM stafnya dalam memberikan pelayanan kepada seluruh PNS di Kukar yang berkaitan dengan kepegawaian, “jumlah PNS di Kukar kurang lebih berjumlah 16 ribu, oleh karena itu pelatihan ESQ ini nantinya akan memberikan wawasan dan peningkatan kualitas SDM, khususnya Staf BKD Kukar bagaimana memberikan pelayanan kepada seluruh PNS yang membutuhkan pelayanan di bidang kepegawaian dengan baik” ungkap M. Ridha
 
Sedangkan sambutan tertulis Bupati Kukar Rita Widyasari yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Salmon Zakaria mengatakan, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan hal terpenting dalam pembangunan bangsa. Apalagi pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi memberikan dampak beragam.
 
Menurutnya Krisis multidimensi saat ini memprihatinkan sebab pola pembangunan SDM saat ini terlalu mengedepankan kecerdasan Intelektual (IQ) dan materialisme, tetapi mengabaikan kecerdasan emosi (EQ) terlebih lagi kecerdasan spiritual (SQ).  “Untuk meningkatkan kemampuan pegawai negeri ini, kemampuan otak saja tidak cukup, tapi juga harus diasah spiritualnya, karena sebagus apapun sistem yang berlaku namun apabila individu sebagai pelaksana sistem berperilaku menyimpang dan melanggar nilai tersebut, maka akan menimbulkan kerugian,” papar Salmon.
 
Lebih lanjut Salmon mengharapkan kegiatan pembinaan mental spiritual pegawai negeri di lingkungan BKD Kukar yang berlangsung selama dua hari tersebut, nantinya mampu meningkatkan kesadaran seluruh staf, betapa perlunya memberikan yang terbaik kepada masyarakat, sehingga cita – cita yang tertuang dalam Program Gerbang Raja dalam peningkatan SDM dapat tercapai dengan baik. “Sebagai aparatur pelayanan jasa,  seluruh staf wajib memberikan service yang elegan kepada pelanggan, terlebih kalau pelayanan itu berdasarkan keikhlasan, maka seluruh yang diberikan kepada publik akan bernilai ibadah,” tambah Salmon. (Hmp 10)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini54 pengunjung
Minggu Ini1.053 pengunjung
Bulan Ini4.791 pengunjung
Total Pengunjung75.676 pengunjung
Total Klik1.985.646 Kali