PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Total Indonesie Luncurkan Program Kesehatan Gratis

Pemerintahan    14 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    1182 Kali

Sumber Foto: Salah Satu Seni Budaya Yang tetap dipertahankan Di Kutai Kartanegara

Suku asli di Kutai Kartanegara terdiri dari suku Kutai, Dayak Benuaq, Kenyah, Tunjung, Punan dengan keseniannya seperti Tingkilan, Hudoq, Belian Bau, dan Belian Sentinyu. Adapun kesenian melayu yang juga kerap ditampilkan dalam event-event skala nasional maupun Internasional diantaranya Tari Jepen dengan Tingkilan, Mamanda dan lainnya. Walau kultur seni dan budaya masing-masing berbeda, masyarakat Kutai Kartanegara tetap kompak dan saling menjaga tali silaturrahmi antar sesama, dan turut membangun daerah serta mendukung pemerintah setempat yaitu dalam program Gerbang Dayaku.

--foto2--“Adanya kultur seni dan budaya kita menandakan eratnya tali silaturrahmi antar suku-suku di Kutai Kartanegara, tentunya hal tersebut perlu kita jaga kelestariannya agar tidak pudar,”, Kata Pelaksana Tugas Plt Bupati Kukar Drs. H. Samsuri Aspar, MM baru-baru ini di kediamannya. Menurutnya hampir semua seni dan budaya suku-suku di Indonesia ada di Kukar, ini merupakan warna-warni seni dan budaya yang bisa dikembangkan terus menerus, sehingga menarik para investor untuk menanamkan modalnya dalam mengembangkan seni dan budaya yang kita miliki, khususnya para wisatawan baik lokal maupun manca negara, terutama dalam mendukung visit Indonesian year 2008 katanya. Samsuri menghimbau kepada seluruh masyarakat Kutai Kartanegara agar tetap menjalin persatuan dan kesatuan dalam menjaga kultur seni dan budaya yang hingga kini masih tetap ada, “Mari kita jaga dengan baik agar potensi seni dan budaya yang kita miliki agar tetap utuh dan berkembang di Kota Raja ini, juga kita perlu hati-hati dan waspada terhadap orang-orang tidak bertanggungjawab yang mencoba memprovokasi kita, sehingga  merusak dari kultur dan budaya kita sendiri,”, kata Samsuri. 

Pemkab Kutai Kartanegara melalui program Gerbang Dayaku yang mengarah pada pendekatan pembangunan, berbasis pada pemberdayaan semua komponen pembangunan baik instansi pemerintah, legeslatif, masyarakat maupun para investor swasta yang ada di Kukar sehingga konsep dari program Gerbang Dayaku adalah ide dasar pembangunan, dalam aplikasinya memberikan jiwa, semangat dan motivasi bagi seluruh pembangunan di Kukar, terutama menyangkut kesejahteraan masyarakat. “Saya berharap kepada seluruh masyarakat Kukar agar sama-sama membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan, serta menjaga keutuhan kultur seni dan budaya yang ada di Kukar,”, demikian harap Samsuri. (Hmp15)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini62 pengunjung
Minggu Ini2.939 pengunjung
Bulan Ini11.802 pengunjung
Total Pengunjung210.887 pengunjung
Total Klik9.133.246 Kali