PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

TRC-PB Kukar Dikukuhkan

Pemerintahan    7 tahun yang lalu   
   765 Kali

Sumber Foto: Suasana Rakor I Penganggulangan Bencana Daerah.(joe)

TENGGARONG -  Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Kutai Kartanegara resmi berdiri. Pengukuhannya dilakukan   Bupati Rita Widyasari Selasa (26/11) di Tenggarong. Beranggotakan personil dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab, Camat se Kukar  dan instansi vertikal terkait lainnya. Pengukuhan TRC-PB Kukar ditandai  pemasangan jaket penyelamat dan topi tim secara simbolis oleh Bupati. Disaksikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diwakili Kepala Biro (Karo) Hukum Endang Suhendar, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim diwakili Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Konstruksi Agus Tony, Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf, unsur Pimpinan Kabupaten dan undangan lainnya.

Susunan personalia TRC-BP Kukar ini terdiri dari peanggung jawab Sekkab Kukar Edi Damansyah,  sedang Koordinator  adalah Asisten Pemerintahan Umum dan Hukum Khairil Anwar sementara Ketua Darmansyah BA yang juga menjabat sebagai  Kepala Pelaksana BPBD Kukar. Sedang Sekretaris dan anggota TRC-BP Kukar berjumlah 50 orang terdiri pejabat sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab Kukar, instansi vertikal terkait  dan unsur organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan lainnya. Kepala Pelaksana BPBD Kukar Darmansyah dalam laporannya mengatakan, setelah pengukuhan TRC-PB Kukar ini akan dilanjutkan  dengan menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Daerah.

“Rapat akan diikuti selain jajaran TRC-PB Kukar juga instansi terkait,” ujarnya.  Bertujuan selain untuk meyamakan persepsi maupun sudut pandang sekaligus  menyusun strategis dan koordinasi kinerja menghadapi bencana. Dikatakan hingga Nopember 2013 ini di Kukar telah terjadi 6 macam bencana. Yaitu 47 kejadian kebakaran pemukiman warga dan 8 kejadian lahan terbakar. Kemudian Kecelakaan transportasi air 4 peristiwa, terjangan angin puting beliung 9 kejadian, tanah longsor 4 kejadian dan banjir bandang 2 kejadian. Diharapkan jelang akhir tahun 2013 ini peristiwa bencana tidak terulang lagi di Kukar. Sementara Bupati Rita Widyasari minta agar  jangan sampai TRC-PB Kukar dalam melakukan kinerjanya  tidak cepat dan tidak tanggap. “Karena organisasi ini sangat membutuhkan  koordinasi dan kerjasama tim yang solid dan baik,” ujarnya.

Jika saja tim ini lelet dalam melakukan tugasnya, berdampak pada kerugian materil dan moril  hingga jiwa manusia. “Karena datangnya bencana tidak mengenal hari libur dan jam berapa,” katanya. Bupati juga mengapresiasi  kinerja aparat di BPBD Kukar terutama tim rescue dan anggota pemadam kebakaran    yang dinilainya tanggap terhadap semua persoalan yang dihadapi. “Dari beberapa kejadian sejak runtuhnya Jembatan Kartanegara mereka  benar-benar mampu melakukan tugasnya   secara professional,” demikian ujarnya.Rakor Penanggulangan Bencana yang  pertama kali dilakukan ini berlangsung sehari menyajikan materi berupa paparan dari narasumber seperti dari BNPB RI, BPBD Kaltim dan Kukar serta Dinas Sosial.(hms-DI01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini108 pengunjung
Minggu Ini1.291 pengunjung
Bulan Ini5.512 pengunjung
Total Pengunjung102.778 pengunjung
Total Klik2.709.133 Kali