PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Wilayah Perbatasan Dijadikan Pusat Strategis Ekonomi

Pemerintahan    8 tahun yang lalu   
   1641 Kali

Sumber Foto:

TENGGARONG - Pemerintah pusat berkomitmen untuk membangun wilayah perbatasan yang ada di Kaltim, sebagai pusat kegiatan strategis untuk peningkatan ekonomi.Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak saat membuka rapat koordinasi pembangunan kawasan perbatasan Kaltim, Selasa (29/5) di hotel Grand Senyiur Balikpapan. Dikatakannya pembangunan yang paling utama adalah infrastruktur, berupa jalan. Lalu, pihaknya juga akan terus memacu peningkatan mutu sumberdaya manusia serta peningkatan ekonomi dan kesehatan masyarakat perbatasan.

"Kita ingin jadikan perbatasan sebagai pusat kegiatan strategis untuk peningkatan ekonomi, agar bisa bersaing dengan negara tetangga (Malysia.red). Namun, menurutnya untuk mencapai cita-cita tersebut, wilayah perbatasan tentunya juga harus aman," ujarnya. Untuk itu selain menyusun rencana tata ruang wilayah dengan baik, juga perlu sinergitas dengan berbagai pihak, diantaranya pemerintah daerah, pihak keamanan (TNI, POLRI) serta masyarakat. Hermanto juga mengajak dunia usaha untuk mewujudkan kawasan perbatasan sebagai pusat strategis Nasional.

Maka, menurutnya Rakor tersebut harus dimanfaatkan dengan baik untuk saling bersinergi dan mencari soulusi untuk menciptakan perbatasan sebagai beranda negara yang aman dan sejahtera. Sementara Gunernur Kaltim Awang Faroek ishak mengatakan bahwa Rakor tersebut bertujuan untuk membulatkan tekad, menyamakan persepsi, dan merumuskan kebijakan, strategi dan langkah-langkah akslerasi pembangunan kawasan perbatasan secara terpadu guna mewujudkan kesejahteraan rakayat. Rakor itu dihadiri pejabat pusat dari beberapa kementrian RI, Pemprov Kaltim, Polri, TNI, para camat kawasan perbatasan, bupati/walikota di kaltim khususnya daerah perbatasan (Nunukan, Malinau, Kutai Barat), para pejabat perbankan, perguruan tinggi, serta stakeholder terkait lainnya. Sedangkan dari Kutai Kartanegara (Kukar) dihadiri oleh sekretaris daerah HAPM Haryanto Bachroel dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Chairil Anwar. Sekedar dikethauibahwa Kaltim sebagai wilayah perbatasan darat RI dengan Malaysia dengan panjang garis batas 1.038 km, dengan cakupan wilayah administratif tiga kabupaten yaitu Nunukan, Malinau dan Kutai Barat. (hmp03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini30 pengunjung
Minggu Ini1.038 pengunjung
Bulan Ini4.763 pengunjung
Total Pengunjung75.492 pengunjung
Total Klik1.981.753 Kali