PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Melalui Kejurprov Renang, Diharapkan Bisa Membangkitkan Semangat Para Atlet

Pemuda dan Olahraga    3 minggu yang lalu   
Administrator    75 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Setelah lebih kurang dua tahun vakum, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kalimantan Timur (Kal-Tim) kembali menggelar event Kejuaraan Provinsi (kejurprov) di Kolam Renang Junjung Buyah Tenggarong. Kejurprov dibuka Asisten Administrasi Umum Totok Heru Subroto, Sabtu (11/06/22). 

 

Ketua Harian PRSI Kaltim Alimuddin selaku ketua panitia pelaksana dalam laporan menyebutkan peserta yang mengikuti kejurprov ini sebanyak 280 atlet, dengan jumlah nomor lomba sebanyak 1710, 

Disebutkannya olahraga renang termasuk dalam design besar olahraga nasional, setelah kejuaraan ini pihaknya akan mengambil atlet - atlet terbaik yang akan dibina secara khusus, sehingga di tahun 2024 bisa mengikuti kejuaraan nasional di Aceh dan Sumatra Utara

 

Ia juga melaporkan dari 40 perenang nasional saat ini, perenang Kaltim hanya tinggal 3 orang. 

" Di 2022 ini ada 40 perenang nasional, kalo tahun sebelumnya 20, dari 40 perenang tersebut perenang kita hanya tinggal 3 orang yang bertahan, setelah dua tahun vakum ini, insyaallah atas dukungan semua pihak kami bertekad membangun kembali renang di Kaltim " Ujar Alimuddin. 

 

Alimuddin mengungkapkan Kaltim pernah menduduki peringkat ke 5 nasional lewat perenang dari Penajam Paser Utara (PPU), tetapi karena tidak pernah mengikuti lomba saat ini sehingga peringkatnya menurun. 

 

Disebutkan nya, dalam waktu dekat kolam renang Junjung Buyah akan menjadi tempat kejuaraan renang Bupati Cup I, dan Beruang Madu Swimming Club Cup I dari Balikpapan. 

 

"Kalo diizinkan pak, semua kejuaraan tersebut akan dilaksanakan di Kolam renang Junjung Buyah ini, karena kalom renang ini saat ini satu - satunya terbaik di Kaltim, kita akan mengundang peserta dari Jawa dan Sulawesi, setelah itu akan kita gelar lagi Popda (pekan olahraga daerah) dan Porprov (pekan olahraga propinsi)" Katanya. 

 

Bupati Edi Darmansyah dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Totok Heru Subroto mengatakan kegiatan olahraga renang Indonesia telah memberikan torehan prestasi yang cukup membanggakan Indonesia baik kawasan asia maupun dunia internasional.

 

"Pemerintah pusat melalui pemerintah daerah juga selalu bersinergi bersama program Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk selalu berupaya meningkatkan prestasi atlet renang secara maksimal" Ujarnya. 

 

Diungkapkan nya pelaksanaan pekan olahraga provinsi (Porprov) VII di Kabupaten Berau akhir tahun ini tentu memberikan sebuah spirit yang luar biasa bagi atlet renang, dimana ajang kejurprov ini dapat menjadi tolak ukur sampai sejauh mana persiapan masing-masing kabupaten/kota dalam melakukan pembinaan.

 

"Prestasi yang diraih tentu tidak datang secara tiba-tiba, dibutuhkan sebuah proses yang panjang, untuk itu ajang Kejurprov seperti yang akan kita laksanakan sebentar lagi adalah bukti nyata usaha kita dalam upaya mempersiapkan atlet-atlet kedepan nantinya" Ungkap nya. 

 

Ia berharap kedepan klub-klub renang di daerah semakin semarak dan bertambah, seiring semakin lengkapnya fasilitas yang dimiliki daerah seperti fasilitas yang ada pada kolam putri junjung buyah ini.

 

"Kami berharap Kejurprov renang Se-Kalimantan Timur tahun ini, tidak hanya dijadikan sebagai program reguler agenda tahunan di setiap pelaksanaannya, lebih dari itu terciptanya rekor- rekor baru dalam setiap pertandingan akan memberikan perkembangan yang signifikan terhadap metode latihan yang sudah dilakukan" Harapnya. 

 

Pada kesempatan tersebut asisten administrasi umum Totok Heru Subroto berkesempatan mengalungkan medali kepada pemenang lomba yang telah menyelesaikan pertandingan. 

 

Hadir pada acara tersebut ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aji Ali Husni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Alpian Noor, Ketua KONI Kaltim Rusdiansyah Aras, Ketua KONI Kukar Rahman, Jajaran PRSI Kaltim dan Kukar serta unsur forkopimda Kukar. (Prokom01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini343 pengunjung
Minggu Ini3.139 pengunjung
Bulan Ini13.248 pengunjung
Total Pengunjung196.875 pengunjung
Total Klik7.784.984 Kali