PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

344 Mahasiswa KKN Unikarta Siap Bersinergi Dengan Masyarakat

Pendidikan    2 tahun yang lalu   
   490 Kali

Sumber Foto: Pelepasan KKN; Pelepasan KKN Unikarta itu ditandai dengan penyerahan Daftar kelompok KKN dari Rektor Unikarta Erwinsyah, SE, M.Si kepada Pemkab Kukar dalam hal ini Asisten I Sekretariat Kabupaten Kukar Ahmad Taufik Hidayat (pakaian Miskat).(prokom)

TENGGARONG -Sebanyak 344 mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), siap terjun bersinergi untuk mengabdi ke masyarakat dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan sejak 15 Juni sampai 31 JUli 2019. Pelepasan KKN Unikarta angakatan 24 tersebut dihadiri Asisten I Sekretariat Kabupaten Kukar Ahmad Taufik Hidayat, Rektor Unikarta Erwinsyah, SE, M.Si, jajaran Yayasan Unikarta, serta Lurah/Kepala Desa lokasi kegiatan KKN tersebut. Pelepasan itu berlangsung di Kampus Unikarta Tenggarong, Kamis (13/6) sore.

Ketua panitia KKN Ali Akbar mengatakan, sebelumnya mahasiswa KKN angkatan 24 tersebut telah mendapatkan pembekalan secara teori, untuk diterapkan saat bersinergi dengan masyarakat, sehingga peserta KKN diharapkan siap untuk mengabdi di masyarakat.  Adapun lokasi KKN Unikarta yaitu, dua Desa di kecamatan Kota Bangun, dua Desa di Muara Muntai, enam Desa di Muara Wis. Kemudian, di Loa Kulu, Tenggarong, dan Samboja. Rektor Unikarta Erwinsyah, SE, M.Si berpesan, agar peserta KKN menjaga nama baik almamater, dan bersinergi dengan masyarakat dan KKN dari Universitas lainnya.

"Sinergi dengan masyarakat setempat, baik ide maupaun gagasan, jangan paksakan program yang diluar kepentingan atau kebutuhan masyarakat. Jaga sikap dan etika anda, jaga kesehatan, berbuat yang terbaik untuk masyarakat. Mudahan jadi amal dan berguna bagi masyarakat," pesannya.

Sementara, Asisten I Sekretariat Kabupaten Kukar Ahmad Taufik saat membacakan Sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan bahwa KKN merupakan suatu tugas pengabdian yang dibebankan kepada mahasiswa, sebagai perwujudan nyata keterikatan emosional antara dunia kampus dengan masyarakat. KKN merupakan kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar sekaligus bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Keragaman implementasi misi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat oleh institusi dan civitas akademika Unikarta.

Taufik menyampaikan, ketiga aspek dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi hendaknya dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, harmonis, dan terpadu, dengan harapan agar kelak para lulusan Perguruan Tinggi dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan sesuai bidang masing-masing, mampu melakukan penelitian, dan bersedia mengabdikan diri demi kemaslahatan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.

Kegiatan KKN melibatkan setidaknya 3 (tiga) pemangku kepentingan, yaitu mahasiswa, masyarakat (Mitra dan Pemerintah), dan Perguruan Tinggi. "Dari kegiatan KKN pula diharapkan, agar mahasiswa mengalami proses pembelajaran menjadi leader, manajer, enterpreuner, sekaligus sebagai wahana pembentukan moral kepribadian yang berkarakter mulia dan bermartabat, tangguh, menjadi inovator, motivator, dinamisator, dan bertindak sebagai problem solver bersama masyarakat," demikian harapnya. Pelepasan KKN Unikarta itu ditandai dengan penyerahan Daftar kelompok KKN dari Rektor Unikarta Erwinsyah, SE, M.Si kepada Pemkab Kukar dalam hal ini Asisten I Sekretariat Kabupaten Kukar Ahmad Taufik Hidayat.(medsi09)

 

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini100 pengunjung
Minggu Ini1.283 pengunjung
Bulan Ini5.504 pengunjung
Total Pengunjung102.770 pengunjung
Total Klik2.708.943 Kali