PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bunda PAUD,  Sosialisasikan Stunting dan Program PAUD Kukar 

Pendidikan    3 minggu yang lalu   
Administrator    73 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG -Bunda PAUD Kukar Yang juga Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah membuka melakukan kegiatan pendampingan keluarga dengan tema " Ragapantas Mari wujudkan generasi muda emas Kutai Kartanegara yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Tahun 2021 di BPU Desa Lebaho Ulaq Kecamatan Muara Kaman, Sabtu  (6/11/2021) . 

 

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Hj. Maria Ester, Yusril Kasi PAUD Pendidikan  Non Formal, Kasi PMD Kecamatan Muara Kaman Ruliansyah, Kades Lebaho Ulaq Agus Juwono serta beberapa kepala sekolah, guru PAUD, anggota TP PKK Desa Lebaho Ulaq, Bukit Jering, Desa Sedulang, Desa Teratak  Kecamatan Muara Kaman. 

 

Maslianawati Edi Damansyah mengajak peran serta seluruh anggota PKK, Kades, guru PAUD, dan masyarakat untuk bersama sama berkolaborasi memberantas masalah stunting. Program ini merupakan program nasional yang harus kita sukseskan bersama. Dan keterlibatan semua pihak sangatlah diharapkan bersama. Desa lebaho Ulaq merupakan salah satu desa yang pertama mendapat perhatian dari Pemkab Kukar setelah mendengar adanya masalah stunting  dirinya bersama  Bupati Kukar Edi Damansyah beserta dinas instansi terkait langsung datang memberikan bantuan. Pemkab Kukar telah berkomitmen memberantas stunting atau gizi buruk di Kukar, untuk itu peran seluruh masyarakat, stakeholder dan keluarga sangatlah penting,ujar maslianawati Edi Damansyah. 

 

Ditambahkannya juga bahwa keluarga memiliki peran strategis dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Keterlibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan memerlukan sinergi antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pendidikan keluarga yaitu  usaha untuk menciptakan suasana yang bersih dalam lingkungan keluarga. Sikap anggota keluarga hendaklah belajar berpegang pada hak dan kewajiban masing-masing. Orang tua hendaklah mengetahui tabiat untuk anak- anaknya. Hindari segala sesuatu yang menusuk perkembangan jiwa anak, berikan anak bergaul dengan teman-temannya diluar lingkungan keluarga serta ciptakan kondisi yang harmonis antara anggota keluarga. 

 

Keterlibatan Keluarga pada penyelenggaraan pendidikan bertujuan untuk : meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab bersama antara Satuan Pendidikan, Keluarga dan Masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan,mendorong penguatan pendidikan karakter PAUD, meningkatkan kepedulian keluarga terhadap pendidikan anak, membangun sinergitas antara Satuan Pendidikan, Keluarga dan Masyarakat sekaligus mewujudkan lingkungan satuan pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan. Sekaligus mempunyai persamaan prinsip , persamaan hak, semangat kebersamaan dengan berasaskan gotong royong, saling asah, asih dan asuh serta mempertimbangkan kebutuhan dan aspirasi anak. 

 

Tumbuh kembang anak haruslah diperhatikan, sejak bayi dalam janin hingga 1000 hari  setelah anak lahir. Peran orang tua dan keluarga sangatlah penting demi generasi muda mendatang. Anak harus mendapat pendidikan sejak usia dini 2-6 tahun , mereka harus dibekali keterampilan belajar sambil bermain sekaligus mendidik atau mengembangkan otak mereka dalam berinteraksi dengan orang tua, keluarga dan teman- teman disekitarnya. Dan yang terpenting kasih sayang orang tua, keluarga dalam mendidik anak, dan jangan diserahkan sepenuhnya kepada guru disekolah, pendidikan atau madrasah dirumah atau keluarga sangat penting dalam tumbuh kembang anak,  ujar Maslianawati Edi Damansyah. ( Prokom 03 ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini136 pengunjung
Minggu Ini1.972 pengunjung
Bulan Ini7.453 pengunjung
Total Pengunjung118.890 pengunjung
Total Klik3.021.793 Kali