PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Apresiasi Kegiatan Jambore PAUD, Harapkan Adanya Renstra dan Road Map Pembangunan Pendidikan Usia Dini

Pendidikan    2 bulan yang lalu   
Administrator    164 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengapresiasi langkah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang telah mampu menggelar Jambore PAUD tingkat Kabupaten untuk yang ke 2 kalinya. Hal tersebut di ungkapan Bupati saat membuka Jambore PAUD ke 2 di halaman kantor Camat Kecamatan Marang Kayu, Selasa (6/9).

 

Jambore yang diikuti seluruh bunda PAUD dan tenaga pendidik anak usia dini se Kukar itu dilaksanakan selama 2 hari, 6-8 September 2022.

 

"Kami menyambut baik Jambore PAUD tahun ini, yang perlu kami ingatkan karena Jambore itu dalam kamus bahasa Indonesia artinya kegiatan besar, ruang lingkup kegiatan ini harus lebih besar, tetapi kami mengapresiasi semangat dan kerja kerasnya,' ujarnya.

 

Lebih lanjut bupati Edi menyarankan kedepan kegiatan jambore ini harus dilakukan evaluasi agar masyarakat ikut terlibat di dalam kegiatannya.

 

Edi berharap dari jambore atau pertemuan besar PAUD tahun 2022 ini tidak hanya menunjukkan lomba-lomba atau karya - karya atas binaan, namun ada semacam diskusi dari semua bunda PAUD dan stakeholder, sehingga bisa memunculkan ide pikiran untuk kemajuan PAUD kedepan.

 

"Kami akui semangat para bunda PAUD dari tingkat Kabupaten sampai kecamatan ini luar biasa, namun kami lihat belum adanya semacam rencana strategis (Renstra) secara khusus yang dibuatkan, semacam blue print bagaimana membangun pendidikan usia dini di Kabupaten Kutai Kartanegara ini," tuturnya.

 

Sementara itu bunda PAUD kabupaten Kutai Kartanegara Maslianawati mengatakan pelaksanaan Jambore PAUD ini seharusnya sudah yang ke 5 kali, namun karena adanya pandemi Covid19 sehingga selama 2 tahun kegiatan ini tidak bisa melaksanakan.

 

Ditambahkannya jambore ini sebagai wadah berkumpul berdiskusi dan bertukar pengetahuan para bunda PAUD dan tenaga pengajar terkait pembinaan PAUD di Kukar, dan selain itu dilaksanakan lomba-lomba.

 

"Saya mengapresiasi dan terima kasih kepada bunda PAUD kecamatan Marang Kayu, karena PUAD nya mendapatkan penghargaan dari pemerintah provinsi Kaltim, walau penghargaannya tidak disebutkan, tetapi kita patut berbangga karena nanti akan diikutsertakan ditingkat nasional," ujarnya.

 

Diungkapkannya pihaknya bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) saling bekerja sama dalam melaksanakan program- program kegiatan PAUD di Kukar hingga ke pelosok - pelosok wilayah Kukar 

 

"Saya bersama teman-teman dinas pendidikan tak henti-hentinya berkeliling ke seluruh wilayah Kukar untuk memantau kegiatan PAUD di kecamatan - kecamatan, ada gak adakah anggarannya kami tetap jalan " ujarnya.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) M. Tauhid Apriliannoor dalam laporannya mengatakan Jambore PAUD ke 2 ini diikuti sebanyak 250 orang guru PAUD, 53 orang kepala sekolah dasar (sd) se Kecamatan Marang Kayu dan Muara Badak, serta tim pendukung di bawah koordinasi bunda PAUD kecamatan.

 

dia mengungkapkan bahwa PAUD Kabupaten Kutai Kartanegara oleh kementerian Ristek dan Kebudayaan, kemudian oleh Ristek Dikti telah ditetapkan dua PAUD di Kukar menjadi sekolah Pemda, yaitu TK ABBA dan TK Tunas Bangsa dari Kecamatan Sebulu.

 

"Jadi dengan ditetapkannya dua sekolah ini nantinya akan menjadi percontohan bagi sekolah lain, yang akan didampingi secara khusus dari kementerian tentang implementasi kurikulum PPK nya" ujarnya. 

 

Pembukaan Jambore PAUD yang ke dua ini dihadiri wakil bupati Rendi Solihin, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh camat se Kukar.(Prokom01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini124 pengunjung
Minggu Ini2.423 pengunjung
Bulan Ini9.914 pengunjung
Total Pengunjung252.022 pengunjung
Total Klik11.661.625 Kali