PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Edi Damansyah Paparkan Persiapan Kukar Menyambut IKN Kepada Ratusan Mahasiswa Baru Unikarta

Pendidikan    2 bulan yang lalu   
Administrator    139 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, memberikan materi Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tahun Ajaran 2022/2023, di ruang Kelas Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rabu (31/8). 

 

Bupati Kukar yang hadir didampingi ajudan Irfan Junior pada pukul 09.30 Wita tersebut, disambut Rektor Unikarta Prof Ince Raden bersama jajaran di halaman kampus ungu ini dan memasangkan baju almamater Unikarta kepada bupati. 

 

Materi yang disampaikan oleh Bupati Kukar kepada 450 mahasiswa baru dengan 7 jurusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Teknik, itu berjudul "Bagaimana Kesiapan Kukar Menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kalimantan Timur (Kaltim)".

 

"Jadi tidak ada pandangan bahwa Kaltim tidak siap untuk menjadi IKN baru, itu tidak ada sekali lagi saya garis bawahi. Yang kita tuntut bagaimana konsistensi dan komitmen dari pemerintah untuk mewujudkan IKN ini di Kaltim, termasuk di dalamnya Panajam Paser Utara dan Kukar," katanya. 

 

Pemindahan IKN ke Kaltim, ungkap bupati, ada peluang dan ada juga tantangan. Hari ini harus diakui bahwa sumber daya manusia di pulau Jawa lebih unggul dari pada di pulau Kalimantan. 

 

Edi menjelaskan indikatornya. Di antaranya seleksi penerimaan ASN di bidang Kesehatan dan bidang Keguruan, penerimaannya tersentralk di Jakarta. Sebab, standarnya nasional dan sedikit sekali lulusan dari pulau Kalimantan. 

 

"Coba di Breakdown lagi ke Kabupaten Kukar karena bisa dipastikan selain indikatornya, bahwa kita masih kalah bersaing dengan saudara-saudara kita di pulau Jawa," ujarnya. 

 

Selanjutnya, Edi menengaskan bahwa di era sekarang ini harus bisa berpacu dan bersaing dengan daerah lain, yaitu bagaimana salah satu sumber daya manusia bisa di wujudkan baik itu melalui kebijakan Pemkab Kukar maupun para Stakeholder lainnya di Kukar. 

 

"Untuk itu adek-adek mahasiswa yang baru apabila milihat program pembangunan di beberapa daerah di Indonesia, kita di Kukar mempunyai Strategi Pembangunan yang namanya Kukar Idaman (Inovasi, Daya Saing, dan Mandiri) pada RPJMD 2021-2026,," demikian pungkasnya. 

 

Sementara, Ince Raden menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Kukar yang telah berkenan hadir ditengah-tengah kesibukan beliau untuk menjadi salah satu narasumber dalam rangka memberikan pencerahan kepada mahasiswa baru Unikarta. Kemudian, membagi pengalaman beliau sekaligus memberikan motivasi kepada mahasiswa baru. 

 

Yang perlu disampaikan, kata Ince bahwa pak bupati ini selain beliau Bupati Kukar beliau juga adalah Ketua Alumni Unikarta. Yang hari ini bisa datang untuk menyapa mahasiswa baru yang ada di fakultas Unikarta. 

 

Tentunya sebagai rektor sangat berbahagia dan bangga dalam materi beliau yang bisa menyampaikan beberapa hal, diantaranya beliau selaku bupati tentunya perlu menyampaikan hal-hal apa saja yang menjadi visi-misi dan program-program beliau yang juga ada kaitannya dengan IKN di Kaltim. 

 

"Kemudian juga, bisa melihat sejauh mana pemahaman-pemahaman mahasiswa baru terhadap visi-misi dan program-program Kukar Idaman selama beliau menjadi Bupati Kukar saat ini. Dengan harapan kedepan, tentunya pemerintah daerah terus mensupport kami, karena tidak adak ada kemajuan kalau tanpa ada kerjasama, sinergitas, dan kolaborasi," demikian pungkasnya. (prokom05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini131 pengunjung
Minggu Ini2.430 pengunjung
Bulan Ini9.921 pengunjung
Total Pengunjung252.029 pengunjung
Total Klik11.661.921 Kali