PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Kukar Apresiasi 14 Pernyataan Sikap AKMPK

Pendidikan    2 bulan yang lalu   
Administrator    213 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Keroan Mahasiswa Peduli Kukar atau AKMPK melakukan silaturahmi sekaligus dialog dengan Bupati Kukar Edi Damansyah di Rumah Jabatan Bupati, Tenggarong, Sabtu (13/3/2021) malam.

 

Humas AKMPK Muhammad Kaisar mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan control dari para mahasiswa dalam pemerintahan.

 

Apalagi dalam memasuki awal kerja Bupati dan Wakil Bupati Kukar adalah merupakan memontum yang tepat untuk menyuarakan permasalahan mendasar yang ada di daerah. AKMPK juga membahas tentang RPJMD, yang akan membimbing dan dipedomani oleh kepala daerah sebagai alur pembangunan selama masa priodesasinya.

Ada 14 tuntuan AKMPK:

1. Mendesak pemerintah daerah agar melakukan perbaikan jalan yang ada di Kecamatan Sebulu, Muara Kaman, Kenohan, Kota bangun, Tenggarong khususnya Desa Rapak Lambur, Muara Wis khususnya Desa Enggelam dan Muara Enggelam dan Muara Muntai agar menjadi agenda prioritas untuk segera dikerjakan. 

2. Mendesak pemerintah daerah agar segera menghibahkan lahan ke yayasan Kutai kartanegara jikalau dari pihak pemda tidak mau menghibahkannya, maka segera ambil langkah yang dianggap perlu guna memajukan perguruan tinggi tersebut.

3. Meminta kepada Pemda agar mengaktifkan program gerbang raja khusus kepada calon mahasiswa baru. Dan memohon agar informasi perihal program beasiswa disosialisasikan dengan massif serta roses seleksi bagi calon penerima beasiswa dilakukan secara profesional tanpa KKN.

4. Mendorong pemerintah desa melalui Bupati Kukar agar membangun rumah belajar di setiap desa dan kelurahan sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam menyiapkan sumber daya manusia.

5. Meminta kepada pemerintah daerah melengkapi fasilitas rawat inap dimasing - masing desa dan kelurahan secara merata.

6. Meminta kepada bupati agar segera mengevaluasi program raga pantas ( stunting ). 

7. Menindak tegas penambangan illegal

8. Menindak setiap pelaku kejahatan lingkungan entah itu dilakukan oleh perusahaan maupun masyarakat itu sendiri.

9. Meminta kepada pemerintah daerah agar membentuk peraturan daerah tentang RTRW.

10. Mendorong Pemda agar memaksimalkan pendapatan daerah lewat perbaikan kinerja BUMD serta memaksimalkan potensi parawisata yang ada di daerah. 

11. Meminta kepada bupati mengevaluasi Forum Tanggung jawab Sosial Perusahaan TJSP dan mendorong keterlibatan mahasiswa dalam mengawasi pelaksanaan setiap program. 

12. Mendesak Pemerintah daerah agar memberikan pelayanan listrik dan air bersih secara merata.

13. Meminta kepada Pemerintah daerah agar memberikan insentif air dan listrik di tengah terbatasya aktivitas masyarakat karena Covid 19 

14. Meminta Pemerintah daerah agar lebih memperhatikan aset - aset daerah khususnya asrama putra dan putri yang ada di daerah maupun luar Kutai kartanegara.

 

Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan penghargaan dan rasa bangga sekaligus menyambut baik saran atau masukan yang disampaikan AKMPK.

 

Edi menjelaskan, ia tidak sendiri dalam memajukan dan mewujudkan masyarakat Kutai Kartanegara yang sejahtera dan mandiri.  

 

Edi Damansyah mengakui keberadaan visi dan misi Pilkada Tanggal 9 Desember 2020 , masih dalam proses pengerjaan, di mana didalamnya telah tertuang beberapa sektor yang harus di evaluasi yang harus diperbaiki sesuai aturan dasar atau data di lapangan dan sudah masuk dalam bingkai program Strategi Kukar Idaman. 

“Untuk itu, mari kita kawal bersama agar didalam penyusunan RPJMD nanti dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,” kata Edi.

 

Bupati juga terus berupaya menggalang dan mensinergikan program pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat dalam rangka meningkatkan strategi arah kebijakan dan program prioritas pembangunan di segala bidang , dengan melibatkan para akademisi dengan didukung oleh data-data yang valid dan aktual di lapangan dalam penyiapan rumusan program dan kegiatan prioritas. 

 

Dukungan semua pihak sangatlah diharapkan guna mewujudkan pemerintahan yang baik dan terlaksana sebagaimana diharapkan.

 

Diakhir sambutannya Edi Damansyah berharap agar AKMPK tetap terus menjaga citra mahasiswa jangan sampai ditunggangi oleh sekelompok orang yang bisa memecah belah sekaligus menimbulkan hal – hal yang tidak kita inginkan bersama. (Prokom 03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.512 Kali