PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Minta Kepsek SD se-Kukar Jalankan MBS Program PINTAR

Pendidikan    1 tahun yang lalu   
   177 Kali

Sumber Foto: Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menekankan pada seluruh kepala sekolah SD Negeri maupun swasta untuk menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang telah dikenalkan oleh program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran), hasil kerjasama Pemkab Kukar dengan Tanoto Foundation.

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menekankan pada seluruh kepala sekolah SD Negeri maupun swasta untuk menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang telah dikenalkan oleh program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran), hasil kerjasama Pemkab Kukar dengan Tanoto Foundation.

“Saya minta semua SD Negeri maupun Swasta menjalankan Manajemen Berbasis Sekolah dari Program PINTAR,” kata Edi Damansyah saat menghadiri Rapat Kerja AKSI (Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia) diikuti 401 Kepsek SD se-Kukar, di Kecamatan Sebulu, pekan lalu. Edi Damansyah juga menyambut baik atas terlaksananya Rapat Kerja AKSI yang dipusatkan di Sebulu. Dia berharap kegiatan itu dapat memberikan solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan layanan pendidikan, sehingga tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa betul-betul terwujud dan berkualitas. “Selain itu, berkaitan dengan peningkatan kualitas para guru, saya minta dapat diangarkan melalui bantuan operasional kabupaten (Boskab) sesuai ketentuan yang berlaku, sebagai salah satu upaya memperdalam pengetahuan khususnya mengadopsi program PINTAR,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus AKSI bagian Hukum yang juga Kepsek SDN 003 Loa Kulu Suwarni menanggapi seruan Bupati, menyambut baik penerapan Manajemen Berbasis Sekolah yang dilatihkan oleh program PINTAR Tanoto Foundation mendorong manajemen sekolah dilakukan lebih profesional, transparan dan akuntabel. “Sudah terbukti kalau pelatihan PINTAR tentang manajemen berbasis sekolah membuat kepala sekolah menjadi lebih efektif dalam kepemimpinan. Sekolah menjadi lebih transparan, budaya baca diterapkan dan peran serta masyarakat juga makin besar,” ujar Suwarni.

Spesialis Pembelajaran SMP Tanoto Foundation Agus Prihantoro juga menyebutkan modul dua lebih mengantarkan siswa untuk lebih kreatif. “Pembelajaran yang berkarakter mapel dapat mengembangkan potensi anak. Pada mapel IPS misalnya, yang dikembangkan adalah ketrampilan berpikir kritis, mengolah informasi dan berperan dalam kelompok, yang semua mengarahkan agar siswa menjadi lebih kreatif,” ujarnya.

Sedangkan pada pembelajaran IPA tambahnya, keterampilan yang dikembangkan adalah berpikir secara ilmiah. “Siswa diajak untuk senantiasa mampu memecahkan masalah secara ilmiah, secara logis, dan menemukan jawaban dari setiap persoalan karena kemampuan berpikir secara ilmiah. Kemudian keterampilan menulis menjadi lebih cepat berkembang dengan literasi visual yang dikenalkan pada modul dua kali ini,” kata Agus. (Medsi01**)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini12 pengunjung
Minggu Ini1.134 pengunjung
Bulan Ini6.817 pengunjung
Total Pengunjung94.288 pengunjung
Total Klik2.474.889 Kali