PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Resmikan Rumah Anak Sigap Bunga Sawit Desa Bendang Raya

Pendidikan    1 bulan yang lalu   
Administrator    172 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengapresiasi atas kerja sama yang telah dilakukan oleh Tanoto Foundation dalam peningkatan dan memajukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya melalui program SIGAP (Siapkan Generasi Anak Berprestasi).

 

"Pemkab Kukar mengapresiasi dan mendukung inisiatif Tanoto Foundation ini dalam program Sigap," kata Bupati Edi Damansyah usai meresmikan Rumah Sigap di Desa Bendang Raya, Kecamatan Tenggarong, Selasa (30/11/2021).

 

Bupati Edi Damansyah menyadari bahwa pembentukan hubungan antara anak dan orang tua pada tahap awal pertumbuhan anak memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan motorik, linguistik, kognitif, bahkan sosio-emosional anak.

 

"Saya berharap program Sigap dari Tanoto Foundation ini terus dilanjutkan. Tanoto turut menyediakan berbagai layanan, seperti: layanan konsultasi parenting (edukasi tentang pola asuh orang tua dan anak), layanan kesehatan (edukasi tentang kesehatan anak dan asupan gizi anak), kegiatan bermain dan pengasuhan bersama dalam lingkungan masyarakat, serta berbagai kegiatan lainnya yang mendukung keberhasilan program Sigap," ujarnya.

 

Ditambahkan Bupati Edi Damansyah berharap program Sigap tersebut bersinergi dengan program Pemkab Kukar dalam menekan angka stunting. Saat ini Kukar memiliki program inovasi Ragapantas (Keluarga Peduli Pencegahan dan Atasi Stunting) yang dikomando oleh Dinas Kesehatan Kukar.

 

"Fokus program RAGAPANTAS ini ialah mempercepat pencegahan stunting dengan intervensi gizi sensitif, yakni jenis intervensi dengan peningkatan penyediaan air minum dan sanitasi melalui program akses air minum yang aman serta sanitasi yang layak. Peningkatan akses dan kualitas pelayanan gizi dan kesehatan. Peningkatan kesadaran, komitmen, dan praktik pengasuhan dan gizi ibu dan anak. Peningkatan akases pangan bergizi. Penyediaan konseling perubahan perilaku antarpribadi. Konseling kesehatan reproduksi untuk remaja. Kemudian akses PAUD dan pemantauan tumbuh kembang anak, hingga pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," ujarnya.

 

Diketahui, setahun lalu, Tanoto Foundation dan Pemkab Kukar telah menjalin kerjasama dalam Program SIGAP untuk menyiapkan generasi anak berprestasi di Kukar. Program SIGAP ini direncanakan terfokus di tiga kecamatan, yakni: Tenggarong, Tenggarong Seberang, dan Loa Kulu dengan tujuan untuk mempersiapkan generasi emas yang berkualitas di Kukar melalui pola pengasuhan anak usia dini.

 

Program SIGAP ini direncanakan berdiri bersama layanan pada 9 Posyandu, 3 Lembaga PAUD dampingan, dan 6 Lembaga PAUD Imbas. (Prokom10)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini104 pengunjung
Minggu Ini2.085 pengunjung
Bulan Ini8.039 pengunjung
Total Pengunjung132.864 pengunjung
Total Klik3.236.982 Kali