PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Dialog Kepemudaan Picu Semangat Membangun Bangsa

Pendidikan    13 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    1048 Kali

Sumber Foto:

Dari sinilah pemerintah kemudian mengambil langkah-langkah strategi, dalam mengatasi imbas kenaikan harga BBM bagi masyarakat terutama keluarga miskin didaerah. yakni dengan mengalihkan subsidi itu langsung kepada masyarakat/keluarga miskin, yang diharapkan dapat secara instan menjawab berbagai kebutuhan keluarga miskin. Demikian disampaikan Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hafidz Anwar pada saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Bantuan Langsung Tunai Untuk Rumah Tangga Sasaran (BLT-RTS) di Pendopo Wakil Bupati, Senin (4/8) kemarin.

Pada impelementasinya dilapangan, menurut Hafidz  BLT memang rentan terjadi penyelewengan, mulai dari ketidaktepatan peruntukkannya sampai kepada mekanisme teknis penyaluran dilapangan. Sehingga  memunculkan gejolak-gejolak sosial di masyarakat.

“Bahkan pada saat digaungkan pertama kali oleh pemerintah, BLT telah memunculkan pro dan kontra di masyarakat.  Sebagian ada yang beranggapan Program BLT merupakan  pembodohan bagi masyarakat, membuat cengeng dan jadi peminta-minta, “ kata Hafidz

Lebih lanjut Hafidz mengatakan  BLT dilihat dari sisi kebaikan dan manfaatnya terutama bagi keluarga miskin ditengah-tengah melonjaknya harga BBM seperti saat ini,  memang sangat dibutuhkan, terutama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hafidz Anwar berharap melalui Rakor BLT-RTS, para peserta dapat mencermati dan memahami Inpres No 3 tahun 2008 dan petunjuk teknis BLT, kemudian melalui rakor dapat terbentuk tim pelaksana dengan mengacu pada petunjuk teknis  BLT, namun tentunya pandai-pandai menyesuaikan diri dengan mengadopsi pendekatan sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing.

 â€œLakukan rapat koordinasi ditingkat Kabupaten Kecamatan/Desa/Kelurahan,  dengan melibatkan pilar-pilar partisipasi masyarakat dalam penyaluran BLT dan pencairan BLT, serta benahi sarana dan prasarana tempat pembayaran sehingga memberikan suasana yang nyaman. Sehingga BLT-RTS di Kukar benar-benar kena sasaran,“ pesan Hafidz. (hmp02) // hru


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini211 pengunjung
Minggu Ini1.924 pengunjung
Bulan Ini6.394 pengunjung
Total Pengunjung110.277 pengunjung
Total Klik2.881.840 Kali