PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Disdikbud dan Satgas Covid-19 Tinjau Pelaksanaan PTM Terbatas, Sekolah Diminta Pastikan Prokes Diterapkan

Pendidikan    2 minggu yang lalu   
Administrator    157 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kukar meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) sekolah-sekolah wilayah Tenggarong, Rabu (12/1/2022).

 

Diketahui PTMT mulai diberlakukan sejak awal Januari 2022, atau Semester II Tahun Ajaran 2021/2022 oleh pemerintah. Peninjauan ini dipimpin oleh Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor dan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar Ismi Mufiddah, mereka meninjau aktivitas PTMT di TK Pembina di jalan Lais, TK 02 Tenggarong di jalan Cut Nyak Dien, SMPN 3 Tenggarong, SDN 028 Tenggarong, SMPN 1 Tenggarong dan SDN 002 Tenggarong di jalan KH Dewantara, dan SMP dan SD IT Nurul Ilmi di jalan Akhmad Dahlan. 

 

"Surat yang telah kita edarkan kepada pihak sekolah terkait PTMT, untuk melakukan pertemuan tatap muka 100 persen dengan siswa," ujar Thauhid.

 

Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, Thauhid menyebut pembelajaran tatap muka ini memang harus dipantau perkembangannya, terutama bagaimana protokol kesehatannya dapat diterapkan dengan baik. Menurut pantauan pihaknya waktu itu, Prokes sudah diterapkan dengan baik oleh sekolah-sekolah ini. 

 

"Tinggal bagaimana pihak sekolah untuk pengaturan dan ketertibannya di luar atau dalam kelas. Karena yang namanya anak-anak, apalagi jam masuk atau pulang bersama-sama, memang ini agak rumit," katanya. 

 

Dipesankan kepada orang tua siswa untuk selalu mengingatkan anak-anaknya supaya tetap menerapkan Prokes dengan memakai masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan. Tak kalah penting juga untuk tidak berkata tangan dan mencuci tangan dengan sabun ataupun menggunakan hand sanitizer yang disediakan sekolah. 

 

Secara teknis Sekretaris Dinkes Kukar Ismi Mufiddah menjelaskan, hasil tinjauan ini masih ada beberapa hal yang perlu disesuaikan oleh pihak sekolah. Yakni soal pengaturan meja dan kursi untuk menjaga jarak, ventilasi ruangan diharapkan optimal untuk sirkulasi udara di dalam ruangan.

 

Terkait jam belajarnya, pihak sekolah sudah mengaturnya. Siswa mengikuti proses belajar di sekolah selama tiga jam, yang sebelumnya selama enam jam, mengingat prosesnya masih ditetapkan PTM Terbatas oleh pemerintah. Dia mengimbau, agar seluruh sekolah dapat memenuhi semua aturan yang tertuang dalam surat edaran, baik dari Satgas Covid-19 maupun Disdikbud Kukar agar PTMT di Kukar berjalan dapat dengan aman.  

 

Selanjutnya, Ismi kembali mengingatkan bahwa Kukar masuk dalam PPKM Level II, untuk itu semua pihak diminta untuk tetap mematuhi Prokes.

 

"Karena yang menjaga itu bukan tim Satgas Covid-19 Kukar, tetapi kita semua. Kemudian yang terpenting lagi adalah Vaksinasi, kalau memang ada siswa atau tenaga pendidik yang belum vaksin, diharapkan untuk segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat," tegasnya. (Prokom05).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini99 pengunjung
Minggu Ini2.080 pengunjung
Bulan Ini8.034 pengunjung
Total Pengunjung132.859 pengunjung
Total Klik3.236.854 Kali