PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Disdikbud Kukar Jamin Mutu PAUD Lewat Sistem Data Informasi Terpusat

Pendidikan    1 tahun yang lalu   
   164 Kali

Sumber Foto: Disdikbud Kukar usai melaunching SI-ANAK ETAM dalam penjaminan mutu lembaga PAUD di Tenggarong. (Foto: Ist)

TENGGARONG -Untuk menjamin mutu lembaga pendidikan anak usia dini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) meluncurkan Si-Anak Etam yang merupakan sistem informasi terpusat.

“Diluncurkannya inovasi Si-Anak Etam tersebut dilatarbelakangi dengan belum optimalnya penyelenggaraan layanan pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini,” kata Kabid Paud dan PNF Disdikbud Kukar Hj Maria Ester, Jumat (25/10/2019).

Menurut Maria menjelaskan angka partisipasi Paud di Kukar masih rendah yaitu sebesar 57,97 % dibandingkan dengan angka partisipasi Paud Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebesar 65 % dan Nasional 75 %. “Artinya, area gagasan dalam perubahan yang akan dilakukan adalah mewujudkan Penjaminan Mutu dengan terbangunnya sistem data informasi yang terpusat dalam pengelolaan data Lembaga Paud di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar,” ujarnya.

Ia menyebutkan lebih lanjut, tujuan Jangka Pendek (Agustus – Oktober 2019) yakni melakukan pendataan dan kualifikasi standar lembaga Paud. Terwujudnya komitmen bersama bagi semua pemangku kepentingan (stakeholders) dalam meningkatkan pelayanan pengelolaan lembaga Paud. mewujudkan penjaminan mutu lembaga Paud dengan terbangunnya sistem data dan informasi yang terpusat di Bidang Paud dan PNFI Disdikbud.

Tujuan Jangka Menengah (Januari–Desember 2020) yakni, pendataan dan kualifikasi standar lembaga Paud pada semua kecamatan. Tercapainya lembaga Paud yang memiliki standar mutu pendidikan. Meningkatnya angka partisipasi kasar Paud di Kukar. Kemudian tujuan jangka panjang (2021) yakni, upaya pengembangan program standar mutu lembaga Paud dan terwujudnya sistem data dan informasi yang bisa diakses oleh semua stakeholders dan masyarakat.

“Ya, kriteria keberhasilan proyek perubahan penjaminan mutu lembaga pendidikan anak usia dini melalui Si–Anak Etam yakni terlaksananya komitmen bersama tim. Terbangunnya sistem data dan informasi pengelolaan lembaga Paud yang terintegrasi. Terakreditasinya semua lembaga Paud. Tercapainya peningkatan angka partisipasi kasar Paud. Tersedianya data dan informasi pengelola Paud yang baik dan akuntabel dan meningkatnya proses akses pelayanan Paud yang baik kepada masyarakat, serta bisa di akses oleh masyarakat luas,” katanya. (Medsi01**)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini13 pengunjung
Minggu Ini1.135 pengunjung
Bulan Ini6.818 pengunjung
Total Pengunjung94.289 pengunjung
Total Klik2.475.099 Kali