PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Dukung Pemerataan Pendidikan, Disdikbud Gelar Diklat Kurikulum Kesetaraan Siap Daya Saing

Pendidikan    2 minggu yang lalu   
Administrator    77 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Diklat Kurikulum Kesetaraan Program Paket C yang diikuti para tutor, Pamong Belajar (PB) dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB), Rabu (17/11/2021) di Aula Disdikbud, Tenggarong.

 

Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Afrilian Noor mengatakan, pendidikan merupakan kunci keberhasilan pembangunan melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan dan perubahan di era globalisasi dan informasi. 

 

Menurutnya, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia hingga keterampilan siap daya saing.

 

"Ada tiga jalur pendidikan yakni formal, non formal dan informal. Hal tersebut berdasarkan UU No. 20/2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik," kata Thauhid.

 

Menurut Tauhid, pendidikan nonformal berupaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang dapat dilaksanakan secara berjenjang secara terstruktur dengan sistem yang luwes, fungsional dan mengembangkan kecakapan hidup untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan kesetaraan.

 

"Pendidikan kesetaraan ini meliputi program paket A setara SD, Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA. Ditujukan bagi peserta didik yang berasal dari masyarakat kurang mampu, tidak sekolah, putus sekolah dan putus lanjut, serta usia produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kecakapan hidup," ujarnya.

 

Ditambahkan Tauhid, tujuan dari pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C yakni membekali warga belajar agar mampu memenuhi tuntutan dunia kerja untuk dapat memperoleh penghasilan. 

 

Penting bagi warga belajar Paket C memiliki kompetensi setelah mengikuti proses pembelajaran, mengembangkan diri, memiliki keterampilan dan mampu bekerja.

 

"Sesuai tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals/SDGs 'Mengubah Dunia Kita: Agenda 2030 untuk pembangunan Berkelanjutan' dengan menyediakan pendidikan bermutu dan berkualitas," demikian Tauhid. (Prokom10)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini126 pengunjung
Minggu Ini1.962 pengunjung
Bulan Ini7.443 pengunjung
Total Pengunjung118.880 pengunjung
Total Klik3.021.727 Kali