PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Emy Inspirator Bagi Dunia Pendidikan di Kaltim, Lahirkan "Kukar Pintar"

Pendidikan    3 minggu yang lalu   
Administrator    58 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG- Sebagaimana tertuang dalam Pasal 31 Undang- Undang Dasar UUD 1945 mengamanatkan bahwa pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara, tetapi pendidikan dasar merupakan kewajiban yang harus diikuti oleh setiap warga negara dan pemerintah wajib membiayai kegiatan tersebut.

 

Pendidikan salah satu faktor paling penting untuk kemajuan seorang anak. Pendidikan yang baik menjadi fondasi pada diri anak yang akan membentuk masa depan cerahnya.

 

Namun, seperti kita ketahui bersama karena pandemi Covid-19 aktivitas pendidikan di Indonesia termasuk di Kutai Kartanegara sempat terganggu khususnya pada tahun 2019 - 2020. Pelajaran tatap muka mau tidak mau dihentikan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covi-19. Murid-murid pun suka atau tidak suka terpaksa belajar secara online dari rumah, yang tentu saja sistem ini memiliki kekurangan dibanding tatap muka langsung di sekolah.

 

Untuk itu, Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Emy Rosana Saleh berpikir kreatif untuk mengatasi hambatan tersebut. Kemudian dia melahirkan sebuah portal

yang dinamakannya "Kukar Pintar".

 

Lulusan S3 Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Jakarta itu mengatakan bahwa Kukar Pintar merupakan situs yang merangkum seluruh bahan ajar dilengkapi video pembelajaran untuk guru dan murid SMP se Kukar, yang bisa diakses melalui gawai atau perangkat yang dimiliki masing-masing guru-murid.

 

"Jadi meskipun belajar di rumah, guru dan murid tetap berkegiatan mengajar belajar semaksimal mungkin," ujar Ibu dari dua anak, yang menyelesaikan S2 Master of Arts di universitas of Queensland Australia itu saat dihubungi, Kamis (17/11).

 

Namun, luasnya wilayah Kukar yang terbagi 18 Kecamatan, 193 desa, dan 44 kelurahan dengan karakteristik topografi yang berbeda-beda, masih ada beberapa desa yang kesulitan untuk mengakses internet menjadi kendala Emy dengan Kukar Pintarnya tersebut.

 

Alumni S1 Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang ini lantas kembali memutar otak untuk menyiasati kendala tersebut. dia kemudian merangkum seluruh materi yang ada di Kukar Pintar ke dalam flashdisk dan CD untuk diberikan secara langsung saat berkunjung ke sekolah yang berada yang mengalami kendala jaringan telekomunikasi.

 

Atas inisiasinya itu, oleh Tanoto Foundation, Emy termasuk menjadi seorang yang memberikan inspirasi bagi dunia pendidikan di Kaltim.

 

dia didaulat menjadi narasumber pada peluncuran video dan buklet Story og Change (SoC) Kalimantan Timur - Pijar Pembelajaran: Perjuangan Insan Pendidikan oleh Tanoto Foundation, yang dilaksanakan pada Kamis (17/11) siang tadi di Universitas Mulawarman Hub Lecture teater, Samarinda.

 

Emy mengatakan, yang diundang Tanoto Foundation sebagai narasumber adalah orang yang menginspirasi dan berperan dalam bidang pendidikan sebagai mitra Tanoto yang ada di Kaltim.

 

"Saya dikontak Tanoto Foundation untuk menjadi narasumber pada peluncuran video dan buklet Story or Change itu, saya diminta menceritakan inovasi yang saya buat untuk bidang pendidikan (Kukar Pintar.red)," ujarnya.

 

Pembukaan acara tersebut diisi oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, Rektor Universitas Mulawarman Dr H Abdunnur, dan Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation Margaretha Ari Widowati. Sesi acara juga akan diisi dengan talkshow yang akan mengundang berbagai narasumber inspiratif dari kalangan tenaga kependidikan di Kalimantan Timur.

 

Emy yang dikenal cakap berbahasa Inggris dengan baik itu hingga kini terus berupaya melakukan pengarahan modul PINTAR bagi seluruh elemen pendidikan di Kukar, agar tercipta keselarasan antara kurikulum dengan metode pembelajaran oleh guru untuk pemerataan kualitas pendidikan di Kukar.

 

Untuk diketahui, program PINTAR (Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran) merupakan hasil kerja sama Pemkab Kukar dengan Tanoto Foundation dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kukar, dengan menyasar Para Kepala Sekolah, guru, pengawas, dan komite sekolah. (Prokom04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini275 pengunjung
Minggu Ini2.769 pengunjung
Bulan Ini10.531 pengunjung
Total Pengunjung255.754 pengunjung
Total Klik11.847.663 Kali