PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Gubernur Kaltim Resmikan Tiga Gedung Sekolah di Kukar

Pendidikan    4 minggu yang lalu   
Administrator    308 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor meresmikan tiga gedung sekolah di Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (19/4/2021). 

 

Yakni gedung SMAN 1 Tenggarong, SMAN 3 Muara Muntai, dan SMAN 2 Tabang yang peresmiannya di pusatkan di halaman sekolah SMAN 1 Tenggarong. 

 

Gubernur Isran hadir bersama Kadisdikbud Kaltim Anwar Sanusi, disambut Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin dan Plt Kadisdikbud Kukar Slamet Hadiraharjo sekaligus pengalungan bunga oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Tenggarong Asran. 

 

Isran mengatakan, sebelum Undang-undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Sekolah Menengah Atas (SMA) masih di bawah kemenangan dari pemerintah kabupaten/kota. 

 

Kemudian UU tersebut kewenangannya di tarik ke pemerintah provinsi, akibatnya mengalami masalah besar terkait penyerahan dokumen dari kabupaten/kota ke provinsi khusus untuk SMA, SMK, dan Aliah. 

 

"Dulu saya sangat menentang pemberlakuan Undang undang tersebut, hingga berhenti jadi Bupati Kutai Timur (saat itu). Gara- gara tidak dilakukan revisi atas penarikan kewenangan dari kabupaten/kota ke provinsi bahkan ke pusat," ujarnya. 

 

Waktu itu disampaikannya, lanjut Isran (masih bupati Kutai Timur, red) kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Maret 2014 di Istana Bogor. 

 

"Karena kondisi seperti itu, maka bupati/wali kota sebagai pejabat publik. Bupati/wali kota bukan melaksanakan kebijakan kebijakan publik," kata Isran.

 

Sementara itu, Rendi Solihin mengatakan untuk jangka waktu yang panjang bangunan sekolah yang telah diberikan oleh Pemprov Kaltim, yang seluruhnya bersumber dari alokasi dana APBD Provinsi, akan memberikan dampak positif terhadap prospek pembelajaran di sekolah masing-masing. 

 

Meski saat ini kegiatan pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan karena dampak pandemi Covid-19, tetapi ke depan ketika pembukaan sekolah sudah memperoleh ijin dari Kemendikbud.  

 

"Tanpa khawatir dengan dampak pandemi seperti sekarang maka pendayagunaan gedung sekolah ini dapat sepenuhnya dimaksimalkan," ujarnya. 

 

Wabup Kukar ini, mengutip sedikit keluh kesah pihak sekolah sebelum dilanjutkannya pembangunan salah satu gedung SMAN, para guru berharap dengan dituntaskannya pembangunan gedung sekolah akan memberikan keleluasaan penyelenggaraan pembelajaran. 

 

Sebab dengan tersedianya Ruang Kelas Baru (RKB) akan dapat menampung berbagai kegiatan pendidikan di sekolah. Selain itu, dengan tersedianya RKB maka kebijakan layanan pendidikan di sekolah dapat lebih dimaksimalkan, dari yang semula terbagi menjadi dua shif (pagi dan siang), maka ke depan bisa diterapkan sistem full day school. 

 

"Kebijakan ini tentunya dapat memberikan dampak positif bagi pembelajaran di sekolah, dengan upaya pembentukan karakteristik siswa sebagai pembelajar aktif," harap Rendi.

 

Usai penandatanganan  prasasti (batu presmian gedung sekolah), gubernur melakukan pemotongan pita dan meninjau ruang kelas baru SMAN 1 tersebut. (prokom05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini16 pengunjung
Minggu Ini736 pengunjung
Bulan Ini4.430 pengunjung
Total Pengunjung79.185 pengunjung
Total Klik2.117.367 Kali