PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Guru Hingga Kepala dan Pengawas Sekolah Dilatih LH

Pendidikan    6 tahun yang lalu   
   738 Kali

Sumber Foto: Ketua Pokja TKLHLK dan REED Kukar Ir H Marli saat membuka sekaligus memberikan pengarahan di pelatihan Sekolah Hijau bagi penyelenggara pendidikan. (joe)

TENGGARONG – Banyak pemangku kepentingan dunia pendidikan dasar  Kutai Kartanegara ternyata belum memahami arti penting pelestarian lingkungan. Padahal dengan kondisi lingkungan  hidup yang nyaman,  asri dan sehat akan menunjang proses belajar mengajar.

Keprihatinan terhadap minimnya upaya pelestarian lingkungan hidup di kalangan pendidik itu disikapi Kelompok Kerja Tata Kelola Lahan Hutan dan Legalitas Kayu (Pokja  TKLHLK) bersama Reducing Emissions From Deforestation and Forest Degradation (REDD) Kutai Kartanegara dengan menggelar pelatihan. Pelatihan yang berlangsung 3 hari sejak Rabu (15/10) lalu di hotel Gran Elty Singgasana Tenggarong dikemas dalam bentuk Sekolah Hijau atau Green School.

Diikuti Kepala dan Pengawas Sekolah serta guru dari beberapa kecamatan di Kukar. Sementara narasumber selain dari  REDD dan Pokja TKLHLK juga dari unsur Dinas Pendidikan, Badan Lingkungan Hidup Daerah dan Forum Kabupaten Sehat Kukar. Ketua Pokja TKLHLK dan REDD Kukar H Marli mengatakan, melalui pelatihan diharapkan dapat membangun pemahaman dan memperkaya wawasan dan keterampilan Guru  Kepala Skolah, agar bisa menyampaikan kepada peserta didik pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Menurutnya, sekolah sebagai bagian komunitas masyarakat dalam bentuk lembaga pendidikan formal dapat menjadi medium efektif bagi pembelajaran terhadap isu lingkungan hidup. "Sehingga  persepsi generasi kita terhadap lingkungan menjadi bagian hidup sehari hari,” ujarnya. Marli yang juga menjabat Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kukar minta agar pelatihan ini diikuti dengan kesungguhan agar materi yang diterima dapat diaplikasikan dalam membimbing anak didik.

Sementara Aulia Wijiasih dari badan pengelola REDD Indonesia, mengatakan pelatihan tersebut baru dilaksanakan pada tiga Provinsi sebagai percontohan yakni Kalteng, Kaltim, dan Jambi. Menurutnya di Kaltim sendiri baru Kukar yang pertama dilakukan kegiatan tersebut. Dikatakan sekolah hijau bukan mendirikan bangunan sekolah, namun membangun pola fikir murid dan semua orang disekolah untuk mencintai lingkungan.

"Jadi membangun mindset sangat penting untuk mencintai lingkungan,” ujarnya. Jika cinta lingkungan sudah terbangun, maka aksi lingkungan seperti  menjaga kebersihan, menanam penghijauan hingga peduli sampah menjadi kebiasaan dan budaya hidup sehari hari. Untuk diketahui keberadaan REDD adalah prakarsa Pemerintah di atur dalam Perpres nomor 62/2013.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini68 pengunjung
Minggu Ini1.097 pengunjung
Bulan Ini4.702 pengunjung
Total Pengunjung75.196 pengunjung
Total Klik1.974.411 Kali