PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

IAIN Samarinda Sosialisasikan Program Pascasarjana (S2) di Kukar

Pendidikan    5 tahun yang lalu   
   3558 Kali

Sumber Foto: Dr. Hj. Robingatin, M.Ag (Ketua Prodi PAUDI).

TENGGARONG – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Islam Negeri di Kalimantan Timur. Peran IAIN sangat strategis terutama dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berilmu dan berakhlak mulia. Lembaga ini sendiri telah menghasilkan lulusan terbaiknya di berbagai bidang pendidikan Islam, Hukum Islam, dan Dakwah Islam dan telah berkiprah diberbagai lembaga pemerintahan, pendidikan dan sosial keagamaan lainnya.

IAIN sendiri tahun ini membuka penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana (S2) dengan program studi yakni, Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDI), Ekonomi Syariah (ES), Hukum Islam (HI) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Masa studi program tersebut adalah 4 semester aktif dan 4 semester tunggu.

Kepada media ini Direktur PPs IAIN Samarinda melalui Ketua Program Pendidikan PAUDI Dr. Hj. Robingatin, M.Ag mengatakan bahwa sejalan dengan tuntutan kekinian, IAIN Samarinda berupaya untuk terus meningkatkan mutu layanan kependidikan dalam ragka mempersiapkan SDM yang handal dan kompetitif.“Salah satunya menyelenggarakan Program Pascasarjana S2 (Megister),” kata Robingatin baru-baru ini saat mensosialisasikan program IAIN Pascasarna di Tenggarong.

Menurut dia, kewenangan legal formal penyelenggaraan Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidian Islam No. Dj.I/1813/2011 tanggal 15 Desember 2011. “Visinya adalah menjadi perguruan tinggi unggulan dan terdepan dalam pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan, seni dan budaya ke-Islam-an yang kualified dan professional pada tingkat pascasarjana,” ujarnya. 

Sedangkan misi diantaranya, melahirkan tenaga-tenaga terpelajar berwawasan ke-Islama-an, keilmuan, dan keIndonesian yang luas dan terbuka serta memiliki kemampuan ke ilmuan dan aplikatif degan kepekaan yang cerdas terhadap tuntutan perubahan global. Adapun waktu dan tempat pendaftaran PPs kata Robingatin, bertempat di Sekretariat Program Pascasarjana (PPs) IAIN Samarinda Jl. KH. Abul Hasan No. 03 Samarinda. Pendaftaran dibuka sejak awal Februari s/d akhir Agustus setiap tahunnya. Dengan tenaga 54 staf pengajar terdiri dari 19 Profesor dan 35 Doktor.

“Biaya pendaftaran sebesar Rp300 ribu dan SPP Rp4 juta persemester. Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran bisa menghubungi line telepon Gianto, M.Hum (081253648130), Drs. Darwis, M.SI (085349977763) dan kholifatussholihah (082357234903),” jelasnya.

Adapun syarat pendaftaran terdiri dari akademik dan administrasi. Syarat akademik meliputi: Memiliki ijazah S.1 Perguruan Tinggi Agama Islam atau perguruan tinggi setara lainnya dengan persyaratan IPK minimal 2,75. Ijazah S.1 dari perguruan tinggi umum dapat diterima dengan syarat lulus ujian masuk dan mengambil matakuliah tertentu pada program S.2 yang ditetapkan oleh PPs IAIN Samarinda.

Rekomendasi dari 2 orang dosen senior atau pimpinan lembaga tempat bekerja yang mengenal kemampuan dan prestasi akademik pendaftar. Persyaratan administrasi meliputi pengisian formulir pendaftaran, menyerahkan salinan/fotocopy ijazah dan transkip nilai jenjang pendidikan terakhir yang telah dilegalisasi sebanyak 2 (dua) rangkap. Pas foto berwarna ukuran 2x3 dan 3x4 masing-masing 2 lembar (1 lembar ukuran 2x4 dan 3x4 ditempel pada formulir pendaftaran). Dan menyerahkan surat izin belajar dari instansi tempat bekerja bagi pendaftar yang bekerja.

Fasilitas ruang kuliah sendiri full AC, Perpustakaan dengan koleksi buku dalam rangka mendukung kelancaran selama masa studi, labolaterium komputer dengan infrastruktur IT terkini dengan sistem informasi tanpa batas, free internet hotspot, Musholla dan lainnya. Adapun kegiatan kemahasiswaan yang sudah dilaksanakan seperti Seminar Internasional PPs IAIN Samarinda bersama Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) dan Universitas Singapura. Studi Tour mahasiswa pascasarjana IAIN ke Universitas Malaysia dan Singapura.

Kemudian kunjungan kerja Internasional oleh pejabat akademik dari universitas Utara Malaysia ke PPs IAIN, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dengan Kolej Universti Islam Selangor (KUIS) Malaysia. Dan Seminar PPs IAIN Samarinda juga dihadiri oleh imam besar Masjidil Haram. (humas-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini40 pengunjung
Minggu Ini1.048 pengunjung
Bulan Ini4.616 pengunjung
Total Pengunjung74.897 pengunjung
Total Klik1.964.206 Kali