PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kukar Rebut Juara III Bidang Perpustakaan dan Minat Baca

Pendidikan    9 tahun yang lalu   
   947 Kali

Sumber Foto: Kepala Kearsipan dan Perpustakaan (BKP) Heldiansyah

Tenggarong - Badan Kearsipan dan Perpustakaan (BKP) Kukar mendapat Juara ketiga bidang perpustakaan dan minat baca pada peringatan HUT Kaltim ke 56 di acara malam penganugrahan Kaltim Award  bertempat di Hotel Bumi Senyiur Samarinda,  Kamis (10/1) lalu.Kepala BKP Kukar Heldiansyah saat ditemui diruangannya mengatakan penghargaan yang didapat bukan merupakan tujuan utama BKP melainkan motifasi agar bekerja semaksimal mungkin. Sebenarnya sasaran utama adalah bagaimana mencerdakan masyarakat melalui sarana perpustakaan dan meningkatkan minat baca masyarakat sesuai dengan tujuan bupati kukar untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.

Heldi berharap kedepanya BKP dapat memberikan layanan lebih bagus lagi karena yang terpenting adalah pelayanan bagi masyarakat. Menurutnya Kalau masyarakat gemar membaca maka masyarakat akan semakin pinter  dan sejahtera “Orang sejahtera pasti orang pintar, orang pintar harus banyak-banyak cari ilmu, mencari ilmu  ya macam-macam bukan hanya sekolah tetapi membaca bisa membuat seseorang pintar apalagi sekarang ini lebih mudah mencari ilmu  dengan internet, jadi marilah kita budayakan membaca”himbau  Heldi.Saat ini BKP memfokuskan untuk membangun desa mandiri dengan menyadarkan masyarakat mengenai program gemar membaca karena pedesaan melupakan ujung tombak pembangunan. Untuk itu BKP melakukan gerakan-gerakan gemar membaca dengan melakukan pelatihan-pelatihan diperpustakaan desa seperi pelatihan pengolahan badan pustaka.


Sementara itu Awang Febrian sopyar selaku kepala Bidang organisasi dan minat baca masyarakat mengatakan bahwa selama tahun 2012 lebih dari 19.608 orang datang berkunjung ke ke Perpustakaan Umum (Perpum) Kukar yang terletak di jalan Ki Hajar Dewantara menjadi salah satu kategori yang membuat kukar merebut juara ke 3 bid perpustakaan dan minat baca.Selain itu ungkapnya, Perpum Kukar juga memiliki koleksi Buku sekitar 38 ribu buku. Memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya layanan wifi gratis dan perangkat-perangkat computer yang dapat digunakan oleh pengunjung. Perpum juga memiliki fasilitas ruang anak yang di desain agar anak-anak betah berlama-lama  berada di perpum untuk membaca.

Perpum  juga memiliki perpustakaan keliling yang melaksanakan kunjungan ke sekolah-sekolah dan pedesaan. Dalam tahun 2012 sebanyak 384 kunjungan telah dilakukan oleh mobil perpustakaan keliling. Masyarakat juga dapat mengunjungi perpum dengan mengakses melalui website untuk  mengetahui buku-buku apa saja yang tersedia dengan mengetik www. Barpus.kutaikartanegrakab.go.id.Salah satu kendala pada tahun 2012 yang dihadapi oleh perpum adalah  tidak adanya pustakawan untuk membantu  mengklasifikasikan buku-buku karena saat ini kukar masih kekurangan pustakawan.“ Saya berharap tahun depan Kukar dapat meningkatkan kualitas sehingga dapat merebut juara pertama”ungkapnya. Dukungan bupati kukar dengan membangunkan perpus umum di ex kantor  Pu juga memberikan peluang kepada Kukar untuk lebih maju meningkatkan minat baca masyarakat sehingga lebih sejahtera dan meningkat perekonomiannya sesuai dengan arahan Bupati Kukar. (hmp09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini325 pengunjung
Minggu Ini4.390 pengunjung
Bulan Ini16.127 pengunjung
Total Pengunjung180.954 pengunjung
Total Klik5.417.964 Kali