PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Kunjungi GMJB, Pengelolaan Bank Sampah Harus  di Terapkan di Sekolahan

Pendidikan    2 bulan yang lalu   
Administrator    58 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Diantara kunjungannya di Kecamatan Muara Jawa,  Bupati Kutai Kartanegara (Kukar)  Edi Damansyah didampingi Wakili Bupati H Rendi Solihin, Kepala DLHK Kukar Alfian Noor, Camat Muara Jawa Safruddin dan Krpala OPD dilingkungan Pemkab Kukar,  mengunjungi pengolahan sampah berbasis masyarakat Gerakan Muara Jawa Bersih (GMJB)  di Handil 7 Kecamatan Muara Jawa,Sabtu (23/04/22). 

 

Bupati Edi Damansyah mengatakan kesalutannya atas kerja keras GMJB  dan satu - satunya di Kabupaten Kukar. Dia menyampaikan terima kasih atas perusahan sekitar berkolaborasi dalam mengelola sampah, perjalanannya cukup panjang dan melelahkan,  namun bisa mendapatkan hasil baik. 

 

"Ini luar biasa, semoga apa yang dilakukan ini bisa lebih berguna, selama ini sampah adalah masalah bagi kita semua dan sekarang bisa lebih berkembang dengan pemanfaatan yang tepat,"ujarnya. 

 

Ia berkeinginan agar gerakan bank sampah kesadaran dengan sampah bisa dibangun sekolah - sekolah, dengan cara menetapkan beberapa sekolah SD atau SMP. 

 

" Dalam 1 minggu sekali disuruh bawa sampah plastik yang sudah dipilah,  sehingga mereka mulai terlatih untuk memilah sampah dari rumah,  buatkan bank sampah disekolah semacam tabungan murid - murid disekolah,  hal semacam ini yang mulai kita bangun berlahan agar bisa terealisasikan secepatnya dan kami ingin Muara Jawa bisa mengawali disekolahnya,"pinta Edi. 

 

Edi berpesan terus lakukan inovasi dalam pengelolaan sampah agar sampah menjadi potensi besar."Kalau bisa Kecamatan lain di Kukar bisa belajar disini dalam pengelolaan sampah yang banyak menghasilkan potensi,"ungkapnya. 

 

Sementara  Direktur Utama Bank Sampah Muara Jawa  Ahmad Taufik menjelaskan Pengelolaan Sampah Domestik oleh bank sampah,  Pelatihan Daur Ulang Sampah 3R (Reduce, Reuse , Recycle), Pengelolaan Sampah Organik menjadi Pupuk Kompos Program yang dilaksanakan di Kecamatan Muara Jawa  ini dirancang untuk mendukung peran aktif GMJB sebagai badan pengelola kebersihan yang menangani permasalahan sampah di sekitar Kecamatan Muara Jawa demi mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman untuk ditinggali. Kemudian juga mendukung dan mendorong masyarakat Muara Jawa memiliki Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

 

Selain itu dengan adanya peran GMJB mengajak masyarakat melihat keuntungan ekonomis dalam pemilahan sampah rumah tangga melalui sistem menabung sampah (bank sampah), serta meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mendaur sampah. 

 

"GMJB ini sudah berkembang dengan memiliki beberapa unit pengelolaan sampah, seperti,Unit Bio Gas, Unit Produksi Kompos, Unit Bank Sampah, dan Unit Daur Ulang “Industri Rumah Tangga”. Tidak hanya itu, GMJB yang saat ini beranggotakan 1.020 orang, 36 orang pekerja, juga sudah memiliki 23 unit bank sampah di Kecamatan Muara Jawa, serta mengelola sampah non organik bernilai dan kami juga masih memerlukan mobil pengangkut sampah tambahan, "pungkasnya. (Prokom06) 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini372 pengunjung
Minggu Ini3.168 pengunjung
Bulan Ini13.277 pengunjung
Total Pengunjung196.904 pengunjung
Total Klik7.787.742 Kali