PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

M Rizky Azida Putra, Peraih Medali Perak Hardiknas POSI 2022 Asal Tenggarong Tertarik dengan Sejarah Sedari Kecil

Pendidikan    2 bulan yang lalu   
Administrator    253 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tenggarong, M Rizky Azida Putra berhasil meraih medali perak kategori Sejarah pada Kompetisi Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 yang digelar oleh Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) pada Minggu (10/4).

 

Saat diwawancara di kediamannya di kawasan Sido Rukun, Kelurahan Timbau Tenggarong, Rizky mengungkapkan ada 75 soal yang diberikan secara virtual. Semuanya tentang sejarah dunia atau Internasional, juga sejarah Indonesia. Dia berhasil mengumpulkan skor 245, atau berada di urutan 35 teratas dari total 625 peserta se-Indonesia itu.

 

"Alhamdulilah hampir semua soal saya bisa menjawabnya dengan benar," ujar putra pertama pasangan Abu Yazid dan Sri Idariani, di kediamannya di kawasan Sido Rukun Timbau, Tenggarong, 

 

Remaja kelahiran Tenggarong, 30 Desember 2004 itu mengatakan, penilaian/peringkat juga dipengaruhi oleh kecepatan dalam mengirimkan jawaban. Tentu semua ini bukan tanpa persiapan, siswa kelas XI jurusan IPS tersebut begitu gemar membaca tentang sejarah. Diakuinya, ketertarikan khusus dengan pelajaran sejarah sudah timbul sejak Sekolah Dasar. Diibaratkannya bak anak kecil yang mendapatkan permen, mendapatkan buku-buku sejarah adalah kesenangan tersendiri bagi Rizky untuk dibaca waktu itu. 

 

Terlebih di era perkembangan pesat teknologi saat ini memudahkan remaja yang juga atlet Taekwondo itu melihat peristiwa sejarah di masa lampau lewat layar gawai pintarnya. "Lewat buku, juga internet itu ada YouTube saya sukanya buka tentang sejarah," bebernya. 

 

Rizky bercita-cita menjadi sejarawan, akan terus menyalurkan hobinya yang berkaitan dengan sejarah untuk terus menambah pengetahuannya. 

 

Ayah Rizky, Abu Yazid telah melihat anak sulungnya itu memiliki ketertarikan lebih terhadap sejarah. Di masa kanak-kanak, ketika sedang berkumpul dengan sepupu atau teman-temannya, kerap terlihat menceritakan kembali sejarah dengan cukup baik sesuai kisah yang didapatnya dari buku maupun internet. Baik itu tentang kerajaan-kerajaan besar di dunia, perang dunia, hingga sejarah agama.

 

"Saya bahkan pernah dipanggil oleh guru ketika Rizky itu masih berada di Madrasah Tsanawiyah, gara-gara anak saya itu bercerita ke teman-temannya sejarah salah satu agama dan mengilusikannya di kelas," ungkap PNS Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kukar sembari tergelitik tersenyum. 

 

Untuk diketahui, Kompetisi Hardiknas adalah kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) untuk memfasilitasi mahasiswa, guru dan siswa untuk berprestasi dan menjadi sarana kemampuan. Kompetisi ini dibuat untuk mendorong mahasiswa, guru dan siswa tetap berupaya melakukan usaha pendidikan di tengah pandemi Covid – 19 sehingga tetap dapat belajar dan berprestasi dengan adanya kompetisi berbasis online ini dan siswa/i juga lebih bisa mempersiapkan diri di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) tahun ini maupun ditahun yang akan datang. (prokom04)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini351 pengunjung
Minggu Ini3.147 pengunjung
Bulan Ini13.256 pengunjung
Total Pengunjung196.883 pengunjung
Total Klik7.786.006 Kali