PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pembinaan MTQ, LPTQ Kukar Kolaborasi dengan Ponpes Nurul Qur'an Lombok Tengah

Pendidikan    2 bulan yang lalu   
Administrator    94 Kali

Sumber Foto: Prokom

Nusa Tenggara Barat - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan Perjanjian Kerja sama antara LPTQ Kukar dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Qur'an Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) tentang Pembinaan dan Peningkatan Kualitas peserta Musabaqah Tiwatil Qur'an (MTQ) Kukar, Sabtu (19/12/20). 

Perjanjian itu, dilakukan Sunggono selaku Ketua Umum LPTQ Kukar dengan Tuan Guruh Sabarudin Abdurrahman selaku Pembina Ponpes Nurul Qur'an. 

Ketua II LPTQ Kukar Supriyanto, mengatakan bahwa kedua belah pihak bersepakat mengadakan perjanjian kerjasama dalam pembinaan dan peningkatan kualitas MTQ.

Melalui bimbingan dan pengajaran di bidang Tahfidz, Tilawah, Tartil, Qiro'at, Syahril, Fahmil, Tafsir. Dan penulisan karya tulis ilmiah alqur'an, terkecuali cabang Kaliqrafi yang dipusatkan diàq Lembaga Kaliqrafi (Lemka) Lembang Bandung, Jawa Barat

Pembinaan dan pengajaran di bidang Tahfidz meliputi cabang tahfidz 1 jus, 5 jus, 10 jus, 20 jus dan 30 jus. 

Pembinaan dan pengajaran di bidang Tilawah meliputi cabang tilawah anak-anak, remaja, dewasa, dan cacat netra.

Pembinaan dan pengajaran di bidang Qiro'at meliputi cabang qiro't mujawat dan murattal remaja dan dewasa. 

Pembinaan dan pengajaran di bidang Tafsir meliputi cabang tafsir bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris. 

"Dengan jangka waktu pelaksanaan kerja sama ini selama 3 tahun, dimulai pada tahun 2021," ujar Kabag Kesra Setkab Kukar tersebut.  

Sementara itu, Ketua Umum LPTQ Kukar Sunggono, berharap penandatanganan naskah kerjasama ini antara LPTQ Kukar dengan Ponpes Nurul Qur'an Lombok Tengah ini.

"Bisa menjadikan manfaat diantara kedua belah pihak dan saling menguntungkan, sehingga nanti kedepan gairah qur'ani khususnya dalam rangka membumikan al qur'an di Kukar khususnya dan di Indonesia pada umumnya bisa terlaksana dan terwujud secepat-cepatnya," harapnya.

Sunggono juga, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pengurus ponpes beserta seluruh jajarannya yang berkenan untuk menerima santri-santri, dari Kabupaten Kukar yang insyaallah akan menjadi sumber daya yang terbarukan dari Kukar. 

"Yang nantinya akan menjadi pioner dalam pengembangan tilawatil qur'an khususnya yang ada di Kabupaten Kukar," tambah Sekda Kukar tersebut. 

Turut mendampingi Ketua Umum LPTQ Kukar tersebut, Sekum Ikhsanul Karim, Bendahara Umum Mariatul, Kepala Kesekretariatan Anita, dan pengurus lain. (prokom05)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini21 pengunjung
Minggu Ini1.072 pengunjung
Bulan Ini4.202 pengunjung
Total Pengunjung68.686 pengunjung
Total Klik1.766.229 Kali