PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab Harap Kader HMI Lebih Banyak Hadir di Masyarakat

Pendidikan    2 tahun yang lalu   
   234 Kali

Sumber Foto: Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Wicaksono Soebagio saat mengahadiri pembukaan Latihan Kader II (Intermediate Training) dan Latihan Khusus Kohati (LKK) Tingkat Nasional oleh Pengurus HMI Cabang Kukar, Sabtu (29/6) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

TENGGARONG -Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) patut untuk merefleksikan kembali perjuangannya dalam kancah sejarah bangsa Indonesia, baik dalam skala nasional, regional, dan lokal. "Perjuangan HMI tidak sebatas pergerakan praktis di lapangan berupa demonstrasi, melainkan lebih dari itu," hal itu disampaikan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Wicaksono Soebagio saat mengahadiri pembukaan Latihan Kader II (Intermediate Training) dan Latihan Khusus Kohati (LKK) Tingkat Nasional oleh Pengurus HMI Cabang Kukar, Sabtu (29/6) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Dikatakannya, HMI dalam sketsa perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia, saat ini maupun di masa yang akan datang, sepatutnya senantiasa menjadi dinamisator gerakan moral, intelektual, dan pemberdayaan SDM bagi masyarakat di Indonesia. HMI adalah investasi emas dalam pentas sejarah nasional yang turut aktif berperan di dalam perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia. Sehingga, wajarlah jika seorang Jenderal Besar Sudirman mengatakan bahwa HMI bukan sekedar “Himpunan Mahasiswa Islam” melainkan “Harapan Masyarakat Indonesia”.

Lebih lanjut disampaikan bahwa momentum pelatihan, apapun nama dan bentuknya, sepanjang berhubungan dengan upaya memfasilitasi pembelajaran seseorang dengan seperangkat pengetahuan dan pengalaman, serta keahlian tertentu, merupakan langkah yang efektif guna membentuk karakteristik pribadinya. Kaderisasi juga bermaksud agar setiap kader organisasi memahami landasan, arah, dan maksud perjuangan yang dilakukan oleh suatu organisasi guna mencapai tujuan utamanya.

"Demikian halnya dengan kaderisasi di HMI. Sepanjang yang saya ketahui, kaderisasi di HMI merupakan aktifitas perkaderan yang dilakukan secara terencana, sistematis, berkesinambungan, serta memiliki pedoman dan seperangkat aturan tertentu," ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah. Pemkab juga memberikan saran agar pasca pelatihan itu para kader HMI lebih banyak hadir di masyarakat, turut ambil bagian dalam menyosialisasikan empat pilar kebangsaan secara lebih intens guna menghadirkan harmoni dalam kehidupan bernegara.

"Saya atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sangat menyambut baik kegiatan ini. Saya berharap melalui pelatihan ini akan lahir para kader HMI yang militan terhadap organisasinya, yaitu para kader yang memiliki sikap komitmen, konsisten, serta konsekuen dalam arah perjuangan organisasi HMI," harapnya. Diharapkan agar melalui pelatihan ini akan melahirkan kader-kader HMI yang mampu memelihara independensinya, secara pribadi maupun organisasi, berintegritas dan memiliki integralitas dalam wawasan keislaman, kebangsaan, keindonesiaan, dan kedaerahan, serta mampu mengekalkan tradisi intelektual HMI, baik secara lisan maupun tulisan. Untuk diketahui, Latihan Kader II (Intermediate Training) diikuti 50 peserta dan Latihan Khusus Kohati (LKK) Tingkat Nasional diikuti 30 peserta. Acara digelar selama seminggu hingga 6 Juli di asrama atlet Tenggarong Seberang. (medsi09)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini107 pengunjung
Minggu Ini1.290 pengunjung
Bulan Ini5.511 pengunjung
Total Pengunjung102.777 pengunjung
Total Klik2.709.085 Kali