PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Pemkab Kukar Lakukan Monitoring, Rencana Pendirian Akademi Pertanian

Pendidikan    2 minggu yang lalu   
Administrator    721 Kali

Sumber Foto: Prokom

 

TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Didi Ramyadi bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono, Camat Tenggarong Seberang Sugiarto, Kades Mulawarman Mulyono, Dr Mariman Darto SE M Si selaku Praktisi dan Ketua IKA UMM Kaltim serta undangan lainnya, turut melakukan kunjungan lokasi dan monitoring rencana pembangunan program pendidikan vokasi pertanian di Desa Mulawarman, Kecamatan Tenggarong Seberang, Minggu (09/10/ 2021). 

 

Kepala Balitbangda Kukar Didi Ramyadi mengatakan rencana pembangunan pendidikan tinggi vokasi pertanian tersebut sudah lama dibahas dan dampaknya sendiri sangat diperlukan terutama dalam memanfaatkan lahan pascatambang. 

 

"Dalam upaya memanfaatkan lahan pascatambang tersebut, Pemkab Kukar berencana membangun pendidikan vokasi pertanian dengan tujuan menyiapkan peserta didik yang berpengetahuan, memiliki kompetensi, teknologi sehingga menciptakan mahasiswa yang produktif dan berdaya saing," katanya. 

 

Menurut Didi, kajian pendidikan vokasi tersebut juga merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara pemkab Kukar dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tentang pendirian Pusat Pendidikan Vokasi di Kukar Nomor B-1616/Pem.C/1971-11/07/2019. Ruang lingkup kesepakatan sendiri yakni, pendirian dan pengembangan pusat pendidikan vokasi, salah satunya dalam bentuk Politeknik. 

 

Selain itu, pemanfaatan lahan eks tambang dan aset bangunan pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, pengembangan pusat pendidikan vokasi bidang, Agrokomplek, Kesehatan, Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Multimedia, Digital dan Sosial Marketing), Pariwisata, Manajemen Logistik, Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Bidang lainnya. 

 

"Jadi, hari ini (Minggu-red) bersama-sama dengan DPRD meninjau langsung rencana pembangunan akademi vokasi pertanian yang berada di Desa Mulawarman, Tenggarong Seberang," ujarnya. 

 

Ditambahkan Didi, luasan lahan yang akan digunakan dalam rencana pembangunan akademi pertanian seluas 96 Haktare (Ha) yang merupakan hibah dari pascatambang PT. Kayan Putra Utama Coal (KPUC) dan PT Jembayan Muara Bara (JMB).

 

 

"Kita berharap dengan berdirinya akademi pertanian melenia di Tenggarong Seberang ini nantinya, siap menjawab tantangan pascatambang dengan mencetak generasi berkarekter, kompeten dan kompetitif, serta dapat membuka lapangan kerja baru dengan membangun kegiatan masyarakat di berbagai sektor yang ramah lingkungan dan bekrlanjutan," demikian harapnya. (Prokom10)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini187 pengunjung
Minggu Ini1.900 pengunjung
Bulan Ini6.370 pengunjung
Total Pengunjung110.253 pengunjung
Total Klik2.881.410 Kali