PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan

Pendidikan    8 tahun yang lalu   
   1083 Kali

Sumber Foto: Pendidikan : Salah satu kepedulian Pemkab Kukar di bidang peningkatan Pendidikan di Kukar, yaitu Bupati Kukar Rita Widyasari (2 kiri) melakukan pertemuan dengan Pasiad Turki di rumah dinas Bupati Kukar, beberapa hari yang lalu.(hmp05)

TENGGARONG - Meningkatkan pemerataan akses dan mutu pendidikan dasar 12 tahun didukung oleh sarana/prasarana yang memadai dan tenaga pendidikan yang profesional serta peningkatan tata kelola pendidikan yang berskala standar nasional. Hal itu dikatakan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari saat menyampaiakan paparannya di Musrenbang Kukar untuk penyusunan RKPD Kukar 2015, Senin (24/3) di ruang Martadipura Bappeda Kukar, Tenggarong.

Menurutnya, sesuai data bidang pendidikan 2013, dimana rata-rata lama sekolah masih 9,97 atau setara SMP. Dari data tersebut terlihat bahwa rata-rata anak di Kukar pendidikannya hanya setara SMP. Hal tersebut perlu perhatian dan penanganan yang cepat melalui berbagai program dibidang pendidikan.

Baik dari penyediaan sarana/prasarananya, kurikulum yang sesuai standar nasional, kualitas tenaga pengajar yang profesional serta bantuan bagi siswa yang kurang mampu. "Namun untuk pelaksanaan program bantuan bagi siswa kurang mampu harus diperhatikan dan jangan sampai terjadi masalah dikemudian hari," ujarnya. Kemudian pemerataan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan masyarakat di Kukar, lanjut Bupati pertama di Kaltim ini adalah pengemabangan profesionalisme dan kompetensi tenaga kesehatan yang didukung dengan pesebaran sarana/prasarana kesehatan.

IPM Kukar masih 74,24 % dan menduduki peringkat ke-10 dari wilayah Kaltim dan Kaltara. Salah satu indikator yang berpengaruh pada IPM adalah angka harapan hidup Kukar masih 68,17 pada 2012, jika dibanding dengan nasional (dibawah angka nasional," jelasnya. Jumlah Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Kukar, kata Bupati Kukar ini yakni sebanyak 200 unit, rasio puskesmas dan pustu setiap 1.000 penduduk hanya sebesar 0,31. Dan Rasio rumah sakit di Kukar sebesar 0,003.

Hal ini menunjukkan indikasi bahwa pelayanan kesehatan pada rakyat Kukar belum merata dan belum menjangkau seluruh wilayah, juga belum sesuai perbandingan antara jumlah tenaga medis dan para medis dengan jumlah penduduk yang harus dilayani. "Karena itu perlu adanya percepatan berfungsinya rumah sakit AM Parikesit yang lokasinya di Tenggarong Seberang dan rumah sakit Dayaku Raja di Kota Bangun," terangnya.

Untuk pembangunan rumah sakit di Muara Badak dan Kembang Janggut, kata Rita diharapkan bersabar karena masih harus diselesaiakan terlebih dahulu pengadaan/status lahan serta dokumen perencanaan baik FS, DED maupun Amdal. Jika semuanya ini dapat terselesaikan maka diharapkan masyarakat akan cepat terlayani dan kondisi kesehatan masyarakat akan makin terjamin dan meningkat," pungkasnya. (rahman/hmp05).   


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini325 pengunjung
Minggu Ini4.390 pengunjung
Bulan Ini16.127 pengunjung
Total Pengunjung180.954 pengunjung
Total Klik5.417.996 Kali