PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Peyaluran Dana BOS Harus Tepat Sasaran

Pendidikan    9 tahun yang lalu   
   1617 Kali

Sumber Foto: Plt Sekretaris Kabupaten Kukar Edy Damansyah saat membacakan sambutan bupati pada acara Sosialisasi dan pembinaan Penggunaan Dana BOS 2013 di Pendopo Wakil Bupati Kukar (jpg.1 Poto hmp02).

TENGGARONG - Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dilaksanakan oleh Pemerintah salah satunya bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa yang lain, agar para siswa tersebut  memperoleh layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat dalam rangka penuntasan wajib belajar 9 tahun dapat tercapai, maka penyaluran BOS harus mengedepankan prinsip tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran, dan tepat penggunaan. Dan agar prinsip-prinsip ini dapat dilaksanakan dengan baik maka pondasi utamanya adalah transparansi dan akuntabilitas.

Hal tersebut dikatakan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Sekretaris Kabupaten Kukar Edy Damansyah pada saat memberikan arahan kepada para Kepala Sekolah Tingkat  SMP/MTS  peserta Sosialisasi dan pembinaan Penggunaan Dana BOS 2013 di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Rabu (8/1) kemarin.
 
Menurut Rita dalam Pembukaan UUD 1945 menegaskan bahwa salah satu tujuan negara Indonesia adalah  mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan juga dalam pasal 31 ayat (1) UUD 1945 lebih tegas lagi menyatakan setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, dan ayat (2): setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Untuk melaksanakan amanat yang tertuang tersebut menurut Rita pemerintah telah melaksanakan Program Wajib Belajar (Wajar). Program dimulai dengan Wajib Belajar 6 Tahun yang secara resmi dicanangkan pada tahun 1984 dan dilanjutkan dengan Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun (Wajardiknas) yang dimulai pada 1994. Kukar sendiri telah mencanangkan  Program Wajib Belajar 12 Tahun
 
Melalui sambutannya bupati Kukar sendiri sangat menyambut baik terselenggaranya sosialisasi dan pembinaan penggunaan Dana BOS 2013 di Kukar, karena salah satu tujuan dari Program BOS adalah untuk menuntaskan Program Wajib Belajar 9 Tahun. Dia  berharap agar dana BOS dapat dikelola secara efisien, tentunya dengan memperhatikan sekolah-sekolah harus memiliki Rencana Jangka Menengah yang terkait dengan hal-hal apa yang akan dicapai dalam kurun waktu lima tahun, selain penganggaran harus didasarkan pada kebutuhan yang mengacu pada analisis kebutuhan sebelum proses penganggaran dilakukan, serta harus membangun komunikasi dan kerjasama antara pihak sekolah (pengelola BOS) dengan stakeholders, terutama ortu/wali murid dalam proses penganggaran.Rita berpesan agar peserta mengikuti sosialisasi dengan baik sehingga pada pelaksnaan program BOS di masing-masing sekolah tidak terjadi salah pengertian dan salah penafsiran yang berbeda dengan peraturan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga tidak berakhir yang berakibat pada permasalahan hokum. (hmp02


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini102 pengunjung
Minggu Ini2.083 pengunjung
Bulan Ini8.037 pengunjung
Total Pengunjung132.862 pengunjung
Total Klik3.236.935 Kali