PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Proses Belajar Mengajar Terganggu Akibat Bau Busuk

Pendidikan    6 tahun yang lalu   
   991 Kali

Sumber Foto: Warga menunjukkan lokasi pembuangan limbah yang mengganggu kegiatan belajar di SD setempat.(echo/KKT)

TENGGARONG – Proses belajar mengajar di sekolah membutuhkan suasana tenang sekaligus menyenangkan. Beda dengan  siswa Sekolah Dasar Negeri  5 dan  8 Kelurahan Sangasanga  Dalam Kecamatan Sangasanga  Kutai Kartanegara.  Mereka selama sepekan terakhir merasa terganggu  dari   limbah PT ARCO  yang menebar bau   busuk menyengat.

Perusahaan katering PT ARCO yang beroperasi di Kelurahan Sangasanga Dalam selama sepekan terakhir sangat mengganggu  proses belajar mengajar  yang berlangsung di 2 satuan pendidikan yaitu SDN 5 dan SDN 8. Pasalnya limbah dari kegiatan perusahaan tersebut dibuang begitu saja ke selokan yang mengaliri ke 2 satuan pendidikan dasar yangjaraknya tidak jauh dari perusahaan  penyedia makanan  tersebut.

Akibatnya warga setempat terutama siswa dan guru di ke 2 SD itu merasa sangat terganggu karena buangan limbah yang tidak diolah itu menebar bau busuk menyengat ke kawasan sekitar.  Menurut Wakil Kepala SDN 5 Lewiana aroma busuk yang tercium hingga radius 20 meteran dari kegiatan perusahaan katering itu  mengundang protes warga dan guru.  Sehingga warga bersama orang tua murid beserta guru menyampaikan protes ke PT ARCO namun  belum  direspon dengan baik oleh perusahaan. 

 Akhirnya Lewiana berinisiatif melaporkan    balik pencemaran itu ke   instnasi terkait di Kecamatan Sangasanga seprti Kecamatan, Dinas Pendidikan dan Puskesmas  Senin (26/8) lalu.  Ke 3 instansi pemerintah itu pun melakukan pertemuan dengan perusahaan namun hingga kini bau menyengat belum juga hilang. 

“Nampaknya   PT ARCO kurang serius  mengatasi limbah,” ujarnya.  Sementara tokoh masyarakat setempat yang peduli lingkungan hidup Aida Iriani  SH saat dihubungi masalah pencemaran tersebut  merasa prihatin jika masih ada perusahaan  tidak peduli terhadap lingkungan. Padahal   masalah lingkungan hidup melalui Amdal merupakan syarat bagi operasional perusahaanl. Diapun mengancam akan memp[olisikan perusahaan  “Kami  Warga Peduli LH Sangasanga akan  melaporkan kasus lingkungan ini ke instansi terkait dan Polres Kukar,” demikian ujarnya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini41 pengunjung
Minggu Ini1.049 pengunjung
Bulan Ini4.774 pengunjung
Total Pengunjung75.503 pengunjung
Total Klik1.982.005 Kali