PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

RPJPD, Menjaring Aspirasi Dari Berbagai Pihak Untuk Menyempurnakan Perencanaan Pembangunan Daerah Ku

Pendidikan    13 tahun yang lalu   
Noviyanto Rahmadi    1447 Kali

Sumber Foto: Plt. Bupati Kutai Kartanegara Samsuri Aspar menggunting pita saat meresmikan pameran pembangunan peringatan Peristiwa Merah Putih

Dalam peninjauan ke beberapa stan pameran Plt Bupati Samsuri Aspar diikuti  Muspida dan Ketua DPRD Rahmat Santoso didampingi Camat Sangasanga Drs Halim MSi yang juga selaku Ketua Panitia Peringatan Peristiwa Perjuangan Merah Putih ke 61. Menurut Drs Halim MSi, pameran di atas lahan sekitar 2 hektar ini  bertujuan selain menyemarakkan peringatan Peristiwa Perjuangan Merah Putih. “Juga sebagai sarana promosi dan penyebar-luasan informasi pembangunan,” ujarnya. Menurutnya pameran yang dijadwalkan selama sepekan ini diikuti Dinas/instansi  di lingkungan Pemkab Kukar. Peserta lainnya adalah datang dari perusahaan tambang Migas dan Batubara yang beroperasi di wilayah Kukar serta pengusaha kecil hingga menengah. “Sedang peserta yang berpartisipasi di pameran ini ada sekitar 30 stand,” ujarnya.

--foto2--Sementara Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar dalam sambutannya mengatakan, Pameran Pembangunan Gerbang Dayaku dalam rangka memperingati peristiwa Merah Putih Ke 61 merupakan menyampaikan hasil-hasil pembangunan yang dilakukan selama ini. “Karena  pembangunan yang telah dilakukan  ini merupakan tindak lanjut dari cita-cita para pahlawan bangsa yang ingin merdeka dari kolonialisme penjajah,” ujarnya.  Sementara Samsuri Aspar  saat melepas Lomba Napak Tilas  Peristiwa Perjuangan Merah Putih yang mengambil tempat di Tugu Monumen Perjuangan Merah Putih di Kelurahan Sangasanga Muara ditandai pengibasan bendera start. Drs Halim MSi yang menjabat Camat Sangasanga sekaligus Ketua Panitia Peringatan Peristiwa Perjuangan Merah Putih mengatakan, lomba diikuti  47 regu. “Dimana setiap regunya terdiri dari 10 orang baik putra maupun putri,” ujarnya. Sedang peserta berasal dari Kecamatan di Kukar termasuk regu dari kota Samarinda dan tuan rumah  Sangasanga.  Sedang dari kota Samarinda mengirimkan 19  regu. Dikatakannya tujuan pelaksana Napak Tilas ini untuk mengenang  perjalanan Pejuang Merah Putih yang dilakukan  dari Sangasanga Muara menuju ke Sangasanga Dalam sepanjang 10 kilometer.

Menurut sejarahnya Napak  Tilas ini dilakukan pada saat para pahlawan Merah Putih Sangasanga mempertahankan kemerdekaan dari penjajah Belanda pada tanggal 27 Januari 1947. Ratusan pejuang Merah Putih bersama warga setempat bersiaga penuh di Sangasanga Muara untuk menghadang konvoi tentara Belanda yang ingin masuk menguasai kembali ke Sangasanga Dalam. Tentara Belanda  datang ke wilayah ini menggunakan kapal perang, namun di perairan Sangasanga Muara konvoi kapal perang  Belanda ini diserang   pejuang merah putih. Baku tembakpun terjadi, banyak korban dari pasukan merah putih yang tewas di peristiwa ini, disebabkan senjata yang digunakan pejuang Merah Putih tidak secanggih yang dimiliki serdadu Belanda. Akhirnya pasukan  pejuang mundur hingga ke Sangasanga Dalam. Perjuangan berdarah ini kemudian menjadi tonggak Peristiwa Merah Putih di Sangasanga.(joe)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini214 pengunjung
Minggu Ini1.927 pengunjung
Bulan Ini6.397 pengunjung
Total Pengunjung110.280 pengunjung
Total Klik2.881.901 Kali