PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Imbau Camat, UPT Disdik, Kades Mendata Anak Putus Sekolah

Pendidikan    4 tahun yang lalu   
   1126 Kali

Sumber Foto: Tindak cepat; Kepala Disdik Kukar Wiyono bersama sekretarisnya Yuliandris (berkacamata) serta dari Dinsos Kukar saat menemui Amin dan Fira dikediamannya. (doc Andries Suherdiman)

TENGGARONG -Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara (Kukar) H Marli mengimbau seluruh Camat, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan (Disdik) dan Lurah/Kepala Desa se-Kukar, agar melakukan pendataan anak-anak putus sekolah diwilayahnya masing-masing. "Hasil pendataan tersebut kemudian dilaporkan kepada Disdik Kukar," ujar H Marli, Rabu (5/10). Selain itu, Marli melalui surat edaran nomor 420/1702/Disdik tanggal 5 Oktober 2016, menyebutkan jika terdapat anak yang putus sekolah diwilayah kerja para Camat, Kepala UPT Disdik, Lurah/Kades agar segera berkoordinasi dengan dengan pihak sekolah dan mendaftarkan anak tersebut agar kembali bersekolah.
 
Kepada semua Kepala Sekolah dari tingkat SD hingga SMA/SMK atau sedarajad, Marli mengimbau agar selalu melakukan identifikasi apabila ada anak didik yang putus sekolah, dan segera mengembalikan anak tersebut agar bersekolah. Sekda mengatakan, kepada anak yang berasal dari keluarga tidak mampu, agar difasiltasi keperluan anak tersebut dengan menggunakan dana BOS, dan mendafarkan anak tersebut kedalam Program Indonesia Pintar (PIP) untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Hal tersebut menyikapi berita di media massa dan media sosial tentang terdapatnya anak putus sekolah diwilayah Kukar.
 
Untuk diketahui, Disdik Kukar juga meminta masyarakat apabila mengetahui ada anak putus sekolah di wilayah Kukar, agar segera menginformasikan ke Disdik maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdik yang ada di Kecamatan. "Hal tersebut agar kami bisa segera mengembalikan anak putus sekolah tersebut kembali bersekolah," ujara Sekretaris Disdik Kukar Yuliandris Suherdiman melalui salah satu akun jejaring sosialnya baru-baru ini. Seperti tindakan cepat yang baru-baru ini dilakukan Disdik kepada Amin Syah Putra (12) dan Fira Rosidah (14), dua kakak beradik ini sempat putus sekolah, yang kemudian segera ditangani Disdik Kukar.
 
Setelah mendengar kabar anak putus sekolah tersebut, Kepala Disdik Kukar Wiyono bersama Sekretarisnya Yuiandris, mendatangi rumah Amin dan Fira yang terletak antara Desa Bendang Raya dan Kelurahan Mangkurawang, Tenggarong, Senin (3/10) tadi. Kakak beradik tersebut dibantu Disdik Kukar bisa melanjutkan sekolah ke SDN 025 Mangkurawang, pasalnya perlengkapan sekolah mereka sudah lengkap demikian juga administrasi di SDN 025 itu. Disdik juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kukar terkait peningkatan perekonomian orang tua Amin dan Fira.
 
"Kami hanya membantu dua anak ini supaya bisa sekolah lagi. Sementara kehidupan ekonomi kami koordinasikan ke Dinas Sosial," ujar Wiyono. Wiyono juga mengimbau kepada warga, apabila menemui kasus serupa, agar segera melapor ke sekolah terdekat. "Bila sekolah tidak bisa menerima, kami akan fasilitasi," ujarnya. (hmp02)

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini39 pengunjung
Minggu Ini1.047 pengunjung
Bulan Ini4.615 pengunjung
Total Pengunjung74.896 pengunjung
Total Klik1.964.181 Kali