PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Kukar di Daulat Jadi Nara Sumber, Bekali Pelajar SLTA Dengan Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Pendidikan    3 bulan yang lalu   
Administrator    85 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono menghadiri sekaligus menjadi nara sumber pada acara Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) bagi pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Kegiatan PWK digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar bekerja sama Kesbangpol Provinsi Kaltim, di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Selasa (30/8).

 

Acara tersebut dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kaltim, Syiradjudin, dengan peserta PWK sebanyak 300 orang pelajar SLTA yang ada di Kukar dengan rincian 100 orang mengikuti secara langsung, dan 200 orang pelajar mengikuti secara daring.

 

Membacakan sambutan Penjabat Sekdaprov Kaltim Riza Indra Riadi, Syiradjudin mengatakan pertukaran budaya dan informasi berlangsung begitu cepat, begitu banyak pengaruh positif yang bisa dirasakan, tetapi tidak sedikit pula dampak buruk yang dihadapi generasi sekarang atau yang dikenal sebagai kaum milenial dan generasi zet (Gen-Zi).

 

Cita-cita luhur ini akan tercapai gemilang apabila kita mampu mempersiapkan diri baik dari segi ekonomi, penguasan teknologi serta tata kelola pemerintahan yang baik.

 

"Melalui kegiatan pada hari ini, kita semua berharap mampu menangkal berbagai pengaruh buruk yang datang dari dalam maupun luar negeri, yang dapat mengancam rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya.

 

Sekda Sunggono memaparkan materi dengan topik "Membangun Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Nasionalisme Bagi Kalangan Pelajar". 

 

Dimana dalam paparannya Sekda Sunggono menekankan dan mengingatkan kepada peserta PWK. "Jangan terlalu dan terbawa dengan budaya luar, pahami serta cintai budaya kita sendiri terlebih budaya Kutai yang masih mempertahankan adat istiadat dan budaya tradisional," terangnya.

 

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara, Eko Susanto mengatakan, salah satu kegiatan PWK ini berdasarkan Undang - Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.71 Tahun 2012 tentang Pusat Pendidikan Kàwasan Kebangsaan.

 

Dikatakan Eko Susanto, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan pengertian pentingnya pembinaan pendidikan berwawasan kebangsaan bagi pelajar SLTA di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa guna mempertahan kedaulatan dan keutuhan negara kesatuan negara RI.(Prokom-02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini242 pengunjung
Minggu Ini2.736 pengunjung
Bulan Ini10.498 pengunjung
Total Pengunjung255.721 pengunjung
Total Klik11.845.731 Kali