PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sekda Kukar Sunggono Buka bimtek Dai dan Daiyah Angkatan III Tahun 2023

Pendidikan    2 minggu yang lalu   
Administrator    54 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Dai dan Daiyah Angkatan III Tahun 2023 pada Sabtu(18/11/22) di Sekretariat LPTQ Kukar Jalan Jelawat Tenggarong.

 

Acara ini dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat dan Kabag Kesra Dendy Irwan. Bimtek ini akan berlangsung selama enam hari. Dari 78 orang peserta, sekitar 50 peserta dinyatakan lulus mengikuti test calon peserta Dai masuk Desa angkatan ke III.

 

Dalam Sambutannya, Sunggono mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah terpilih dan mengikuti bimtek dengan sebaik-baiknya. Program Dai Masuk Desa Kabupaten Kukar merupakan bentuk konkret kepedulian dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkomitmen melahirkan masyarakat muslim.

 

Utamanya yang memiliki kompetensi untuk mengajak masyarakat meningkatkan kepedulian sosialnya dan meningkatkan ibadahnya. Selain itu, tujuan program dai masuk desa ini untuk memberikan motivasi para generasi muda dalam keterlibatan gerakan dakwah.

 

Program dai masuk desa ini merupakan bagian dari aspirasi dan masukan masyarakat yang diserap dalam pelaksanaan kegiatan safari subuh yang telah digelar di 204 masjid di kecamatan-kecamatan se-Kutai Kartanegara. "Apa pun masukan dan aspirasi dari masyarakat sepanjang itu membawa kebaikan semaksimal mungkin akan direalisasikan oleh Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

 

Lahirnya Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Gerakan Etam Mengaji (GEMA) menjadi tonggak sejarah betapa besarnya kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara agar masyarakat muslim Membaca Alquran.

 

Agar membaca quran bisa menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Dan akan membawa keberkahan dan kesejahteraan serta kebahagiaan masyarakat Kutai Kartanegara.

 

“Sadarilah para Dai dan Diayah bahwa anda yang terpilih merupakan bagian dari Program Gerakan Etam Mengaji ini, andalan ujung tombak yang berada ditengah-tengah masyarakat mengajak dan mengajarkan Alquran kepada masyarakat yang belum bisa membaca Alquran,” ujarnya.

 

“Yang telah mahir membaca Alquran ajak mereka untuk memahami isi dan mempelajari isi kandungan Alquran, dan secara terus menerus mengajak semua masyarakat muslim untuk mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” pintanya.

 

Sunggono berpesan kepada Dai dan Daiyah agar dapat berinteraksi dan menyatu dengan kehidupan masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara. “Yang harus dipahami Sejarah Kerajaan Kutai Kartanegara, pahami interaksi antara agama dengan politik, pahami kondisi masyarakat muslim dimana ditugaskan, pahami perbedaan yang ada ditengah-tengah masyarakat, dengan memahami karakter masyarakat maka akan mampu bertindak arif,” tukasnya. 

 

Sunggono meminta para Dai dan Daiyah tidak membesar-besarkan perbedaan, tidak membenarkan atau menyalahkan salah satu dari perbedaan itu dan menyatukan perbedaan itu menjadi kekuatan dakwah. 

Dengan memahami keragaman umat, maka akan terwujud gerakan dakwah menuju dakwah yang Arif dan transformatif serta iklusif.

 

Sunggono juga menyampaikan pesan-pesan penting yang dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas, yaitu menyadari heterogenitas masyarakat, keragaman audien sasaran dakwah, menuntut metode dan materi serta strategi, dakwah yang beragam pula sesuai kebutuhan mereka. Dakwah hendaknya dilakukan dengan menafikkan unsur-unsur kebencian. 

 

Esensi dari dakwah mestilah melibatkan dialog bermakna yang penuh kebijaksanaan, perhatian, kesabaran dan kasih sayang. Menghindari pikiran dan sikap menghina dan menjelek-jelekkan. Diakhir, Sunggono berpesan bagi para Dai dan Daiyah untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan memberikan kemampuan diri yang terbaik bagi masyarakat. (Prokom08)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini266 pengunjung
Minggu Ini2.760 pengunjung
Bulan Ini10.522 pengunjung
Total Pengunjung255.745 pengunjung
Total Klik11.847.427 Kali