PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Seminar Pendidikan, Puncak HUT MAN Tenggarong

Pendidikan    8 tahun yang lalu   
   1435 Kali

Sumber Foto: Peserta seminar pendidikan: para guru dan murid mulai SD hingga SMA dan SMK, serta Madrasah dari beberapa sekolah di Kukar ikuti seminar pendidikan.

TENGGARONG - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tenggarong menggelar seminar pendidikan, dengan tujuan untuk membangun karakter remaja, Minggu (24/11) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong Kutai Kartanegara (Kukar) Seminar yang diikuti para guru dan murid mulai SD hingga SMA dan SMK, serta Madrasah dari beberapa sekolah di Kukar itu,  merupakan puncak dari acara peringatan hari jadi MAN Tenggarong ke 19.  Sebagai Narasumber seminar itu adalah Profesor H Rahmat Soe`oed dari Universitas Mulawarman Samarinda,  serta dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kukar yaitu Hasfiannur Nafsi. 

"Dengan seminar ini diharapkan semakin membawa kemajuan pendidikan khususnya di Madrasah, serta menciptakan remaja yang berkarakter dengan dasar nilai agama yang teguh," ujar Kepala MAN Tenggarong, Muksin. Dikatakannya selain seminar, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) MAN Tenggarong itu  sebelumnya juga digelar berbagai lomba, diantaranya yaitu lomba mengarang, tilawah, cerdas cermat, pidato dan lomba tari jepen, serta Kirab keluarga besar MAN Tenggarong.

Menurutnya berbagai kegiatan tersebut untuk menunjukkan bahwa Madrasah juga bisa eksis dan tidak tenggelam dengan sekolah-sekolah lainnya. "Mungkin Madrasah bisa dikatakan sebagai sekolah Minoritas, dengan HUT ini kami tunjukkan bahwa Madrasah merupakan sarana pendidikan berpondasi agama yang tak kalah dengan sekolah lainnya," ungkapnya.

Sementara Kepala Seksi Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) Kementrian Agama Kukar, Asniah saat membuka acara itu mengatakan penanaman pondasi agama sebaiknya ditanamkan pada anak usia dini. Namun, menurutnya belum terlambat jika di usia anak menginjak remaja masuk pendidikan ke Madrasah yang sejajar dengan pendidikan umum lainnya, diantaranya yaitu Madrasah Aliyah.

"Karena Madrasah memiliki nilai tambah pada nilai-nilai dan perilaku Islami, agar anak menjadi pribadi yang taat kepada Allah," ujarnya.
Selanjutnya Asniah mengatakan tantangan bagi dunia pendidikan khsusunya Madrasah, semakin kompleks. Maka butuh upaya pembenahan dan peningkatan kualitas pendidikan, baik sisi kelembagaan dan manajemen. Untuk itu, para guru juga dituntut kreatif dalam memberikan motifasi dalam proses belajar megajar. Sehingga menurutnya Madrasah diharapkan mampu menanamkan pondasi agama pada anak didik melalui pendekatan perilaku.

Di akhir sambutannya Ia berharap, agar kerjasama stakeholder yang terlibat dalam pendidikan untuk tetap berkomitmen memanjukan dunia pendidikan, khususnya lemabaga pendidikan keagamaan di Kukar. Acara itu juga dirangkai dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba-lomba dalam rangka HUT MAN Tenggarong yang telah dilaksanakan beberapa hari sebelum seminar. (hmp03)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini12 pengunjung
Minggu Ini1.022 pengunjung
Bulan Ini4.573 pengunjung
Total Pengunjung74.974 pengunjung
Total Klik1.967.955 Kali