PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sistem Zonasi Upaya Perbaikan dan Pemerataan Mutu Pendidikan

Pendidikan    2 tahun yang lalu   
   405 Kali

Sumber Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyerahkan tanggapan Pemkab Kukar kepada Ketua DPRD Kukar Salehuddin pada sidang paripurna DPRD Kukar pekan lalu.

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara Edi Damasyah mengatakan bahwa terkait aturan zonasi sekoalah, Dinas Pendidikan sedang menyusun rancangan rotasi guru dalam zona dan menyusun rancangan peningkatan mutu guru berdasarkan sistem zona dalam upaya perbaikan dan pemerataan mutu pendidikan Kukar. Hal itu dikatakanya saat menanggapi pandangan umum fraksi atas rencana peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun anggaran 2018, Pada Rapat Paripurna ke 9 DPRD Kab. Kukar, Kamis (27/6) di Ruang Sidang Utama DPRD Kukar. 

Dikatakannya, saat ini juga mulai disusun analisis rotasi kepala sekolah dalam zona untuk peningkatan manajemen pengelolaan pendidikan dan juga dilakukan analisis kebutuhan sarana prasarana dalam rangka memenuhi Standar Nasional pendidikan. Zonasi guru juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan guru bagi daerah kategori terjauh dan tersulit dijangkau melalui formasi PPPK dan CPNS mulai tahun 2019.

Terkait dengan banyaknya keluhan orang tua murid yang kemungkinan tidak diterima di sekolah terdekat/unggulan karena jauhnya tempat tinggal, Edi mengatakan bahwa dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) saat ini menggunakan 3 jalur yaitu jalur zonasi yang mengedepankan letak tempat tinggal siswa dari sekolah tujuan, jalur prestasi yang diperuntukan bagi calon siswa yang mempunyai prestasi akademik maupun non akademik minimal ditingkat kabupaten, dan jalur mutasi diperuntukan bagi calon siswa yang orang tua/wali pindah domisili atau tempat tugas.

Mengingat luasnya wilayah Kukar ungkap Edi, maka PPDB berbasis zonasi didasarkan pada wilayah (desa) mengingat jika didasarkan pada sistem jarak maka ada kemungkinan akan terjadinya Blankspot (tempat Kosong) pada daerah-daerah tertentu. Seluruh desa dan kelurahan di wilayah Kukar sudah termasuk dalam wilayah zona PPDB tahun 2019/2020 sebagaimana tertuang dalam keputusan Bupati Kukar nomor :298/sk-BUP/HK/2019 tentang petunjuk teknis penerimaan peserta didik baru pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan zonasi sekolah Kab. Kukar tahun ajaran 2019/2020.

Edi juga menambahkan bahwa dalam implementasi program zonasi yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan diharapkan dapat memudahkan akses layanan dan peningkatan mutu pendidikan menjadi lebih fokus dan terorganisir , terarah, terstruktur dan terukur dalam rangka pemenuhan hak semua warga negara mendapat pendidikan. Pemetaan zona mutu terdiri dari pusat zona(jenjang pendidikan SMA) yang terdiri dari beberapa Zona SMP dan setiap zona SMP akan beranggotakan SD-SD terdekat. Dari peta zona Juga akan diperoleh informasi kondisi sekolah-sekolah pada masing-masing zona.

Selain pendidikan Edi juga membahas masalah penganguran. Pemkab kukar telah berkomitmen mengurangi tingkat pengangguran di Kukar melalui Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi melakukan program padat karya untuk mengatasi penggangguran yang ada didesa-desa dengan melakukan kegiatan pelatihan-pelatihan serta membuka bursa kerja online untuk menjembatani para pencari kerja dan pengguna tenaga kerja.

Pemkab Kukar juga melakukan koordinasi yang intensif dengan pihak perusahaan yang beroprasi dikukar untuk dapat mengakomodir tenaga kerja lokal dalam melaksanakan aktifitas perusahaan. Selain itu juga pemerintah bekerja sama dengan para dunia usaha melalui program CSR untuk memberikan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat/pencari kerja.

Terkait masalah rendahnya transparansi perolehan maupun penggunaan dana tanggung jawab sosial atau CSR dari dunia usaha, Pemkab Kukar sudah membentuk forum Tanggung Jawab sosial(TJSP) yang berfungsi sebagai wadah untuk mensinergikan program prioritas pemkab dengan program tanggung jawab sosial perusahaan sebagaimana diatur dalam peraturan Bupati Kukar nomor 12 tahun 2018 tentang perencanaan pengembangan daerah melalui tanggung jawab sosial perusahaan.(Yuliati-medsi03)*


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini105 pengunjung
Minggu Ini1.288 pengunjung
Bulan Ini5.509 pengunjung
Total Pengunjung102.775 pengunjung
Total Klik2.709.030 Kali