PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

SMKN 3 Tenggarong Menuju SMM ISO 9001: 2008

Pendidikan    10 tahun yang lalu   
   2341 Kali

Sumber Foto:

Tenggarong - SMKN 3 Tenggarong sebagai sekolah kejuruan unggulan  berbasis Agribisnis Kabupaten Kutai kartanegara, selama bulan Ramadhan  para gurunya memantapkan penyusunan kurikulum berbasis kompetensi, sekaligus sebagai persiapan sekolah dalam mengahadapi penilaian ISO yang dilaksanakan pada bulan 10 mendatang.
Demikian dikemukakan Kepala SMKN 3 Tenggarong,  Hajerin SPd MSi  saat ditemui Media ini disela-sela pelatihan dan penyusunan kurikulum, beberapa waktu lalu.
“Kita selama bulan  Ramadhan  lalu memantapkan penyusunan kurikulum  SMKN 3 Tenggarong, karena sekolah kami telah menargetkan  mendapatkan penilaian mutu ISO 9001 yang sebentar lagi akan dilakukan penilaiannya,” terang Hajerin.
Menurut Hajerin , SMKN 3 saat ini tengah mempersiapkan diri untuk audit penilaian ISO yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang .
Dalam proses persiapan tersebut, SMKN 3 Tenggarong di arahkan langsung dari Tim pendamping   Dinas Pendidikan Kukar  yaitu Sunarno SPd MPd yang juga Pengawas SMK Dinas Pendidikan Kukar  dan  Emy Rosana Saleh SPd. MA.
Dalam pelatihan tersebut, Sunarno mengemukakan bahwa pihaknya sudah melakukan pendampingan sejak beberapa bulan lalu di sekolah ini  yang dimulai dari membangun kesadaran  pentingnya  manajemen mutu di sekolah.
“Setelah mereka semua menyadari, beberapa waktu lalu, kita membangun komitmen bersama untuk menerapkan manajemen mutu di sekolah, dan salah satu standart penilaian saat ini adalah Standar Manajemen Mutu (SMM) ISO  9001:2008 yang berlaku secara internasional dan berpusat di Inggris,” jelas Sunarno.
Dalam persiapan ISO, Hajerin menjelaskan pihaknya telah melakukan berbagai pembenahan, terutama dari komitmen masing-masing  guru, pegawai maupun stake holder sekolah untuk mendukung pelaksanaan ISO 9001;2008.  Selain komitmen, sekolah juga telah melakukan pembenahan  pada kurikulum, sarana dan prasarana, perangkat pembelajaran  dan lain–lainnya.
 Standar Manajemen Mutu ISO 9001 sendiri menurut Sunarno itu upaya yang dilakukan pihak manajemen sekolah untuk memberikan pelayanan yang standar, yang tujuan utamanya adalah bagaimana memberikan kepuasan pelayanan kepada pelanggan.
“Pelanggan di sekolah itu adalah siswa, orang tua dan civitas sekolah sendiri, sehingga apa yang dilakukan sekolah dapat memberikan out put yang  memuaskan,” terang Sunarno.
Dalam program Standar manajemen  mutu   ISO  9001; 2008 ini menurut Emy  selain SMKN 3 Tenggarong, sekolah lainnya   telah lebih dahulu  melakukan audit eksternal untuk sertifikasi  adalah  SMKN 1 Tenggarong dan  SMKN 2 Tenggaron g yang saat sedang menunggu penerbitan sertifikatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini122 pengunjung
Minggu Ini2.421 pengunjung
Bulan Ini9.912 pengunjung
Total Pengunjung252.020 pengunjung
Total Klik11.661.550 Kali