PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

SMPN 4 Muarabadak Jurai Lomba TTG III

Pendidikan    8 tahun yang lalu   
   1340 Kali

Sumber Foto:

  

TENGGARONG – Pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4  Desa Tanjung Limau Kecamatan Muarabadak Kutai Kartanegara mengungguli siswa sekolah lainnya di lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) III  Tingkat Kutai Kartanegara belum lama ini.Penyerahan hadiah bagi pemenang Lomba TTG III tahun 2012 yang digelar Badan Pemberdayan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemas Pemdes) Kukar  berlangsung Rabu (19/9) pekan lalu di Tenggarong. Selain pelajar SLTP dan SLTA juga diikuti masyarakat dan mahasiswa se Kukar. Untuk katagori pelajar maka siswa-siswi SMPN 4 Desa Tanjung Limau Kecamatan Muarabadak meraih predikat terbaik atau juara lomba TTG III untuk katagori pelajar.
Mereka (siswa  SMPN Muarabadak-red) di lomba TTG III ini menyajikan suatu alat kreasi mereka sendiri yang begitu sederhana dan sangat fungsional  serta efektif dan efisien dalam penggunaannya. Alat itu mereka sebut alat Penangkap Kepiting. Budiman SAg guru yang mendampingi serta  pembimbing siswa SMPN 4 Muarabadak sehingga meraih juara lomba TTG III mengatakan bahwa  alat Penangkap Kepiting ini diinspirasi dari kearifan lokal yang ada di Desa Tanjung Limau. “Dimana sebagian besar warganya adalah asli nelayan dan petambak,” ujar guru mata pelajaran pendidikan agama islam ini.
Dikatakannya dengan ditemukannya alat penangkap kepiting seperti ini maka memudahkan nelayan di desa mereka menangkap kepiting dalam jumlah yang lebih banyak lagi ketimbang alat yang dipergunakan sebelumnya. Sementara 6 siswa-siswi SMPN 4 Muarabadak yang kerja bareng mengkreasi alat Penangkap Kepiting masing-masing adalah Irfan Sofian, Rio Ari Anggara, Askar, Sarah, Nana dan Retma Berliana.  Menurut Irfan Sofian alat ini mudah dibuat oleh siapa saja dan bahannya tersedia di warung penjual alat perikanan terdiri dari jaring nilon ukuran mata jaring diameter kurang lebih 2 atau 3 sentimeter kemudian di rangkai penguat berupa pipa aluminium ukuran ¼ inci atau kawat baja stainlis. Dikatakan jika tim mereka dalam mengkreasi alat tangkap kepiting itu mendapat bimbingan maupun apresiasi dari para guru serta dukungan Kepala SMPN 4. “Khususnya dari Pak Budiman,” demikian ujarnya.

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini77 pengunjung
Minggu Ini1.106 pengunjung
Bulan Ini4.711 pengunjung
Total Pengunjung75.205 pengunjung
Total Klik1.974.644 Kali