PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sosialisasi untuk Guru PAUD di Desa Tubuhan, Digelar di Kecamatan Kenohan

Pendidikan    1 bulan yang lalu   
Administrator    123 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong  - Dalam rangka pembentukan dan pembinaan karakter bagi anak usia dini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) bersama pengurus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar sosialisasi bagi para kepala sekolah, guru, dan tenaga pendidik usia dini khususnya di Desa Tubuhan, Kecamatan Kenohan. 

 

Sosialisasi dihadiri Bunda PAUD Kukar Maslianawati Edi Damansyah dan Sekretaris Disdikbud Maria Ester itu, digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU), Rabu (27/10). 

 

Bunda PAUD Maslianawati mengatakan, pendidikan dalam keluarga sangatlah penting untuk dipersiapkan lebih awal demi kehidupan anak-anak sebelum masuk sekolah dasar (SD). 

 

"Harus kita sadari bahwa pendidikan dan pembinaan  bagi anak usia dini, sangat berperan dalam pembentukan karakter dijenjang  pendidikan selanjutnya," ujar Maslianawati.

 

Ditambahkannya yang harus diperhatikan dalam memberikan  pendidikan dilingkungan keluarga, mengusahakan terciptanya suasana harmonis, akrab sesama anggota keluarga dan membudayakan hidup bersih dan sehat. 

"Kita sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak - anak kita, jalin keharmonisan dan keakraban antara anak dan orang tua, selain itu budaya hidup bersih harus tercipta agar keluarga sehat," tambahnya. 

 

Orangtua juga harus bisa memahami dan mengerti watak dan karakter masing - masing anak, karena  itu sebagai dasar untuk memberikan pembinaan karakter terhadap anak- anaknya

"Hindari segala sesuatu yang dapat mempengaruhi perkembangan jiwa anak, berikan anak bergaul dan bermain bersama teman-temannya, namun tetap lakukan kontrol terhadap apa yang dilakukannya, berikan arahan - arahan sesuai kemampuan berpikirnya," pintanya. 

 

"Saya berharap ibu - ibu dapat bertambah pengetahuan dan wawasannya dari sosialisasi ini yang nantinya bisa diterapkan di lingkungan sekolah (PAUD) maupun lingkungan keluarga dalam mendidik anak - anak kita," harapnya. 

 

Sementara itu Sekretaris disdikbud Maria Ester menyebutkan sosialisasi yang bertema "Dengan ragapantas mari wujudkan generasi emas dan PAUD berkwalitas"

 

Kegiatan ini dilaksanakan merupakan salah satu program penuntasan stunting dari 21 locus desa yang ada di Kukar. 

Diharapkan dari kegiatan ini dapat mengatasi problem terkait masalah stunting dengan Pendidikan.

"Oleh karena itu pada kegiatan ini kita kumpulkan bersama - sama untuk berkolaborasi sesuai tugas dan fungsi masing - masing, namun hari ini saya tidak akan menyebutkan tugas kita masing-masing, karena tentunya kita sudah paham akan tugas dan fungsinya," ujar nya (Prokom01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini119 pengunjung
Minggu Ini1.955 pengunjung
Bulan Ini7.436 pengunjung
Total Pengunjung118.873 pengunjung
Total Klik3.021.584 Kali