PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Sunggono Hadiri Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Universitas Kutai Kartanegara

Pendidikan    3 minggu yang lalu   
Administrator    52 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono menghadiri acara Wisuda Pascasarjana (S2) ke-23 dan sarjana ( S1 ) ke 39 Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tahun Akademik 2022-2023, di Gedung Putri Karang Melenu Kecamatan Tenggarong Seberang, Selasa ( 10/1 ).

 

Bupati Kukar dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Sunggono mengatakan, Pemkab Kutai Kartanegara terus mendorong agar Universitas Kutai Kartanegara melakukan perbaikan institusi secara berkesinambungan, baik berkaitan perangkat kerasnya (hardware) maupun lunaknya (software).  

 

Perangkat keras dimaksud ialah ketersediaan gedung kantor, layanan administrasi dan perkuliahan yang refresentatif, sarana-prasarana penunjang pendidikan, serta kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Dosen dan Karyawannya. 

 

Sementara perangkat lunaknya ialah diimplementasikannya Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) sebagai hak belajar mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi hardskill dan softskill, dilaksanakannya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) secara konsisten, serta tersedianya layanan sistem informasi yang menunjang kegiatan civitas akademika berbasis digital.

 

Sementara itu dalam kegiatan belajar, perlunya didorong inovasi pembelajaran dalam perguruan tinggi. Keberadaan teknologi informasi di era digital saat ini melahirkan 3 (tiga) sistem pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara bersamaan, yaitu sistem “CEM-Learning” yang merupakan gabungan dari Convensional Learning (sistem pembelajaran konvensional), Electronic Learning (sistem pembelajaran menggunakan perangkat elektronik) dan Mobile Learning (sistem pembelajaran menggunakan gadget/gawai). 

 

Pihak pemegang otoritas di Universitas Kutai Kartanegara perlu mendorong pemanfaatan sistem pembelajaran ini kepada para Dosen agar membangun penguasaan sistem pembelajaran yang lebih luas dan massif di satu sisi, namun di sisi lain mampu mengembangkan sikap kemandirian belajar dalam diri mahasiswa. 

 

Bila dalam kegiatan tatap muka banyak mahasiswa yang hanya menyandarkan pemahamannya melalui asumsi dosen, maka melalui sistem pembelajaran CEM-learning ini semua sistem itu akan mendorong kemandirian mahasiswa, ia membaca, berlatih, dan mempraktekan pengetahuannya yang dibangung secara sadar sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

 

Sunggono juga mengucapkan selamat kepada Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana dan seluruh Civitas Akademika atas telah diluluskannya sebanyak 251 orang wisudawan/wisudawati dalam prosesi wisuda hari ini. Kami turut bergembira karena wisudawan/wisudawati hari ini bukan hanya berasal dari Kabupaten Kutai Kartanegara, tetapi ada juga yang berasal dari Kabupaten Kutai Barat, Kota Samarinda, dan Kabupaten/Kota lainnya. Kami berharap semoga gelar kesarjanaan S1/S2 yang telah diraih akan mengantarkan mereka ke dalam kesuksesan, baik dalam pekerjaan maupun aktivitas lainnya. Gelar sarjana S1/S2 ini bagi para wisudawan/wisudawati akan menjadi tantangannya, di dunia kerja maupun di masyarakat kelak. Oleh karenanya, ia berpesan agar mempersiapkan mental dan kemampuan adaptif, serta berupaya mengukir prestasi, bukan semata-mata mengajar prestise di masyarakat atas gelar sarjana S1/S2 yang telah diraih.

 

Kepada para orang tua/wali, keluarga dan kerabat dari wisudawan/wisudawati, Sunggono mengucapkan selamat atas keberhasilan ini karena telah mendoakan hingga mengupayakan biaya pendidikan bagi mereka. Keberhasilan yang telah diraih oleh wisudawan/wisudawati ini termasuk keberhasilan anda karena telah merelakan pikiran, tenaga, dan harta. Seperti dikatakan dalam frasa berbahasa latin: “Nil sine magno labore vita dedit mortalibus” artinya tanpa kerja keras, kehidupan tak akan memberikan apapun kepada manusia, ujar Sunggono.

 

Sementara itu, menurut Rektor Unikarta Tenggarong Prof Dr Ir Ince Raden mengatakan,251 0rang yang terdiri dari 34 wisudawan program magister dan 217 program sarjana dengan rincian sebagai berikut Sarjana Hukum 31 orang, sarjana ekomomi 4 orang, Sarjana agribisnis 10 orang, sarjana agro teknologi 18 orang ,Pendidikan Agama Islam 38 orang, Manajemen 56 orang,Ilmu Administrasi Negara 46 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 5 orang, Teknologi pendidikan sebanyak 7 orang. Kepada wisudawan terbaik ia mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih dan sangat mengapresiasi atas prestasi wisudawan yang terbaik diraih masing - masing atasnama GESRA BONGGA, M.Si. Program magister program administrasi pemerintahan dengan IPK 3,97 , Kelahiran Pangala',24 April1974, terbaik kedua diraih Siti Qori’ah IPK 3,89, kelahiran Jember 15 Juli 2000. dari Fakultas Agama Islam , dan terbaik III diraih Eki Sidomukti program studi Bahasa Inggris FKIP dengan IPK 3,83 , kelahiran Tenggarong 23 Juli 1999.. Hari ini Unikarta terus berbenah guna untuk melahirkan para lulusan yang mampu berkiprah di level nasional daerah maupun internasional .Satu tahun terakhir tepatnya di tahun 2022 ada 3 pilar utama yang tertuang dalam rencana strategis Unikarta yaitu membangun networking kerjasama dengan berbagai stakeholder,penguatan berbagai proses akademik, penguatan dan pengembangan kewirausahaan .Ketiga pilar ini menjadi fokus utama dalam rangka mencapai visi dan misi Unikarta Tahun 2034 yaitu menjadikan universitas yang unggul berbasis enter university ( kampus kewiraausahaan ). Adapun capaian networking kerjasama Unikarta di tahun 2022 yang pertama berdasarkan data kerjasama Unikarta dengan pihak stakeholder baik itu pemerintah pusat ,pemerintah daerah, perusahaan multi nasional, organisasi, instusi pendidikan dan perusahaan daerah terus mengalami peningkatan hal itu dibuktikan dengan penandatangan Memorandum of Understanding MoU yang saat ini mencapai 75 % . Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut Tahun 2022 mencapai kenaikan 100%.ini bermakna bahwa setiap Mou yang ditanda tangani ditindak lanjuti sesuai prgram dan fakta dilapangan sekaligus sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi, jelas Ince Raden. ( Prokom 03 ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini33 pengunjung
Minggu Ini2.813 pengunjung
Bulan Ini11.597 pengunjung
Total Pengunjung275.661 pengunjung
Total Klik12.542.114 Kali