PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tekan Kenalakan Remaja, Satpol Gelar Penyuluhan

Pendidikan    6 tahun yang lalu   
   989 Kali

Sumber Foto: Komandan Satpol PP & Linmas Kukar Fida Hurasani memberi pembekalan bagi remaja agar mampu menghadapi masa depan mengisi pembangunan bangsa dan negara ini.(joe)

TENGGARONG – Kenakalan remaja kini menjadi fenomena di kota-kota besar. Kutai Kartanegara dan Tenggarong khususnya yang mulai beranjak menjadi sebuah kota, tren kenakalan remaja mulai tumbuh disetiap sudut kota raja ini. Mengantisipasi agar tidak jauh berkembang dan semakin liar pihak  Satuan Polisi  Pamong Praja  dan Perlindungan Masyarakat melakukan penyuluhan.

Program  penyuluhan kenakalan remaja telah dilakukan pihak Satpol PP & Linmas Kukar, diawali dengan mendatangi remaja dan pelajar yang berada di wilayah zona hilir dan zona hulu Kukar. Komandan Satpol PP &  Linmas Kukar Fida Hurasani Rabu (29/10) menyebut untuk zona Ilir sasarannya adalah ibukota Kecamatan Loa Kulu dan Loa Janan, sedang zona Ulu Kecamatan Muarawis dan Kota Bangun. Dikatakan secara bertahap penyuluhan ini terus dilakukan sehingga  remaja dan pelajar setingkat SMA di 18 kecamatan  akan disuluh tentang kenakalan remaja.

Sedang strategi yang dilakukan dalam penyuluhan ini melalui pendekatan psikolgis. Dengan cara berdiskusi mengenai topik tertentu maupun mengeksplor pengalaman peserta yang pernah dialami selama hidupnya. “Yang jelas materinya sangat pleksibel dan ditimpali sharing pendapat,” ujar Fida. Ditambahkan program ini untuk meminimalkan nekan aksi kenakalan remaja yang dewasa ini sudah meresahkan ketertiban masyarakat.  Seperti menegak miras, menggunaan narkoba, perkelahian antar sekolah dan kampung hingga tindak kriminal lainnya. “Jika dibiarkan tentu akan merugikan masyarakat  sendiri dan akhirnya gerak laju pembangunan daerah terhambat,” ujarnya.

Sebab masalah kenakanlan remaja sangat komplek dan tidak efektif jika hanya ditangani kepolisian saja. Namun setiap stakeholder di dalam masyarakat turut ambil bagian dan bertanggung jawab  terhadap kenakalan remaja. Yang penting dilakukan adalah cegah dini semua tindak kenakalan remaja. Karena remaja adalah generasi penerus yang butuh bimbingan dan ketauladanan  ”Jika cikal bakal kenakalan remaja telah terdeteksi segera ambil tindakan persuasif agar tidak berkembang lebih jauh lagi,” demikian ujarnya.(hms-di01)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini75 pengunjung
Minggu Ini1.104 pengunjung
Bulan Ini4.709 pengunjung
Total Pengunjung75.203 pengunjung
Total Klik1.974.575 Kali