PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Tingkatkan Mutu Dan Kualitas Pendidikan

Pendidikan    7 tahun yang lalu   
   1210 Kali

Sumber Foto: Buka Seminar: Kadis Pendidikan Kukar, Wiyono saat membuka seminar Grand Desain SMK Negeri 3 Tenggarong di Ruang Serbaguna Bappeda Tenggarong.

TENGGARONG – Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara, menggelar seminar grand desain SMK Negeri 3 Tenggarong di Ruang Serbaguna Bappeda Tenggarong pada Senin ( 23/12 ). Kegiatan ini digelar bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan  (P4TK) Pertanian Cianjur Jawa Barat dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan, Wiyono.

Membacakan sambutan Bupati Kukar, Wiyono menyampaikan bahwa Bupati menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan seminar ini dan berharap kegiatan seminar ini nantinya dapat menghasilkan kesimpulan-kesimpulan atau pokok-pokok pikiran yang bermanfaat dalam mengimplementasikan berbagai upaya dalam  meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan di Kabupaten Kutai Kartanegara ini, khususnya pendidikan kejuruan.

Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan tentunya sekolah yang bersangkutan bukanlah satu-satunya pihak yang bertanggung jawab atas baik buruknya mutu atau kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Semua stakeholders memiliki tanggung jawab yang sama atas hal tersebut. Masyarakat atau lingkungan sekitar sekolah, orang tua murid, dan juga swasta sama-sama memiliki tanggung jawab terhadap upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah, baik sekolah umum maupun sekolah kejuruan.

Ia juga  berharap dalam seminar ini akan lahir ide-ide brilian, pokok-pokok pikiran dan spirit yang luar biasa dalam upaya mengembangkan SMK Negeri 3 Tenggarong sebagai SMK Pertanian Terpadu yang baik, maju dan modern. Karena pada prinsipnya Pengembangan SMK Negeri 3 Tenggarong sebagai SMK Pertanian Terpadu di Kabupaten Kutai Kartanegara ini adalah keputusan yang sangat bijak dan tepat. Hal ini mengingat Kabupaten Kukar memiliki potensi ekonomi dalam bidang pertanian yang sangat besar setelah pertambangan. Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana , Yuherman mengatakan, Dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nansional, Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional, Permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang kualifikasi  akademik dan kompetensi guru, Perda Kabupaten Kukar nomor 15 Tahun 20120 tentang sistem penyelenggaraan pendidikan.
 
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam seminar ini, pertama kesadaraan akan habisnya sumber daya alam terutama batubara dan minyak bumi sehingga perlu mengembangkan konsep renewable energy, kedua SMK Negeri 3 akan diarahkan menjadi pusdiklat vokasi ( kejuruan ) sebagai pusat penelitian terapan ( khususnya pertanian ), ketiga kesadaraan akan pentingnya pemanfaatan dan pengembangan teknologi pertanian sebagai pendudkung utama penggerak ekonomi masyarakat, sekaligus sebagai wadah bagi stakeholder dunia pendidikan dan stakeholder terkait unutk bersama - sama bertukar pikiran, sharing, mengarahkan, memberikan masukan konstruktif, dan mewujudkan persamaan persepsi guna mendukung pengembangan SMK Pertanian terpadu SMK Negeri 3 Tenggarong.

Seminar ini berlangsung selama sehari yang diikuti unsur SKPD teknis, stakeholders di dunia pendidikan, para tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Kukar. Adapun rencana pengembangan SMK terpadu meliputi pengolahan hasil pertanian ( Peternakan, perkebunan dan Perikanan ), teknologi pengolahan, entrepreneurship yang mengarah kepada manajemen produksi,  kedepan pengembangan SMK negeri 3 Tenggarong sebagai sekolah terpadu yang telah memiliki rancangan profile SMK yang meliputi lembaga pendidikan formal, penelitian dan pengembangan pertanian, pusat diklat bagi masyarakat, pusat inkubasi, pusat informasi dan laboratorium bagi masyarakat, sebagai tempat konsultasi bagi kelompok usaha sekaligus tempat uji kompetensi dan test centre bagi industry, jelas Yuherman. ( hmp 04 ).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini64 pengunjung
Minggu Ini1.063 pengunjung
Bulan Ini4.801 pengunjung
Total Pengunjung75.686 pengunjung
Total Klik1.985.872 Kali