PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Aswaja dan TP PKK Kukar Gelar Pelatihan Fardhu Kifayah di Kecamatan Anggana

Sosial Budaya    1 bulan yang lalu   
Administrator    65 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - TP PKK Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Majelis Taklim Ahlul Sunnah Wal Jama'ah (Aswaja) Kabupaten Kukar menggelar pelatihan fardhu kifayah di Kecamatan Anggana, Sabtu (15/10/2022). 

 

Kasubag Bina Mental Bagian Kesra Kabupaten Kukar, Dedi Permana mengatakan, pelatihan fardhu kifayah pada hari ini sangat penting untuk mengurus orang yang meninggal. “Alhamdulillah kita patut bersyukur kepada Pemerintah Daerah (Pemda) bekerja sama dengan TP PKK Kabupaten Kukar, melaksanakan kegiatan pelatihan fardhu kifayah di Kecamatan Anggana,” sebutnya. 

 

Dikatakan Dedi, pelatihan ini merupakan kerja sama antara Pemkab Kukad bersama dengan TP PKK Kabupaten Kukar. Ada pun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan khususnya bagi generasi muda dalam mengurus mayat.

 

“Yang selama ini di kampung-kampung yang mengurus mayat adalah kaum tua, maka penting dipersiapkan kaum muda, apabila kaum tua telah tiada. Estafet pergantian mestilah kita persiapkan,” tuturnya. 

 

Camat Anggana, Rendra Abadi mengapresiasi kegiatan yang digelar Majelis Taklim Aswaja dan TP PKK Kabupaten Kukar ini, karena pelatihan ini sangat penting tentunya.

 

Dikatakan Rendra, kegiatan ini sangat diperlukan, karena ternyata masyarakat banyak yang belum paham terhadap cara memandikan jenazah. Sebab pada saat Covid-19 kemarin, ketika akan memandikan jenazah memang agak sulit. Hal ini disebabkan kebanyakan yang tahu memandikan jenazah adalah orang tua.

 

“Sedangkan yang kita perlukan adalah anak-anak muda, tubuh anak muda itu masih kuat, kasihan orang tua, mudah-mudahan kejadian dan wabah ini tidak terjadi lagi,” jelasnya. 

 

Rendra juga mengatakan, pelatihan ini diikuti delapan desa. Terdapat perwakilan dari setiap desa, terdiri dari organisasi dan para siswa. Dia berharap kepada peserta pelatihan yang menerima ilmu bisa melanjutkan apa yang telah mereka pelajari. 

 

Kedepannya agar rukun-rukun kematian yang ada di desa bukan lagi orang tua, tapi anak-anak muda. Karena anak-anak muda ini bisa cepat tanggap dalam bergerak. “Khususnya terkait dengan tata cara memandikan jenazah,” pungkasnya. (Prokom02). 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini256 pengunjung
Minggu Ini2.750 pengunjung
Bulan Ini10.512 pengunjung
Total Pengunjung255.735 pengunjung
Total Klik11.846.727 Kali