PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bepelas Malam Pertama

Sosial Budaya    3 tahun yang lalu   
   278 Kali

Sumber Foto: Putera mahkota kesultanan H Aji Pangeran Anoem Surya Adiningrat dijemput Belian dan Dewa diiringi penyuling untuk menjalani ritual Bepelas.

TENGGARONG -Setelah Ayu berdiri, salah satu ritual adat yang harus dilaksanakan selama pelaksanaan Erau adalah Bepelas. Bepelas dilaksanakan pada malam hari mulai sekitar pukul 20.00 wita di Keraton Kutai Kartanegara atau Museum Mulawarman. Pada Bepelas malam pertama, Minggu (22/7) dihadiri Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekda Kukar H Marli, sejumlah pejabat serta undangan lainnya , perwakilan negara peserta EIFAF, serta kerabat kesultanan keraton Kutai Kartanegara. 

Bepelas dawali pembacaan mantra oleh seorang Dewa (sebutan untuk wanita pembaca mantera), mantra tersebut dimaksudkan meningkatkan semangat dan kewibawaan Sultan, kemudian  dilanjutkan beberapa tarian oleh para Dewa sambil mengelilingi Ayu yang merupakan tombak milik raja pertama Kutai Aji Batara Agung Dewa Sakti. Salah satu tarian tersebut adalah Dewa Memanah yang bermakna pembersihan dari hawa negatif. 

Setelah para dewa membawakan tarian, dilanjutkan beberapa pria kerabat Kesultanan membawakan tarian Beganjur yang bermakna menjaga Ayu, beberapa tamu khusus juga didaulat untuk membawakan tarian ini, diantaranya Plt Bupati Edi Damansyah dan Sekda H Marli serta salah seorang perwakilan negara peserta EIFAF. Selepas tarian tersebut, putera mahkota kesultanan H Aji Pangeran Anoem Surya Adiningrat dijemput Belian dan Dewa diiringi penyuling untuk menjalani ritual Bepelas.

Saat Bepelas itu, putera mahkota menginjakkan kakinya ke Gong Raden Galuh, bersamaan dengan itu, suara  ledakan terdengar dari arah dermaga depan museum Mulawarman. Suara ledakan tersebut akan bertambah seiring bertambahnya malam pelaksanaan Erau, sebagai pertanda Kesultanan sedang melaksanakan ritual Bepelas. Setelah Bepelas usai, kerabat kesultanan menjamu para undangan di ruang makan Keraton, yang kemudian dilanjutkan dengan persembahan tari – tarian dilanjutkan di ruang Setinggil Keraton, para tamu undangan khususpun ikut didaulat menari bersama kerabat Kesultanan, membawakan Tari Kanjar Bini. (medsi02)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini101 pengunjung
Minggu Ini1.463 pengunjung
Bulan Ini5.528 pengunjung
Total Pengunjung103.602 pengunjung
Total Klik2.725.353 Kali