PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Bupati Serahkan Mesin Roasting Kopi Luwak Bantuan PT PHKT Kepada Kelompok Tani Desa Perangat Baru

Sosial Budaya    2 minggu yang lalu   
Administrator    75 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengapresiasi atas sinergitas dunia usaha dalam hal ini PT Pertamina Hulu Kalimantan (PHKT) yang sudah membantu satu unit mesin roasting kopi bagi Kelompok Tani Kampung Kopi Luwak Desa Perangat Baru, Kecamatan Marangkayu, Jumat (10/3/2023).

 

“Saya mengapresiasi manajemen PT PHKT atas perhatian dan bantuan perusahaan kepada kelompok tani kampung kopi luwak desa peranget baru,” apresiasi Edi Damansyah.

 

Tentunya kata Edi Damansyah dengan alat yang diberikan tersebut (roadsting) dapat meningkatkan kualitas kopi luwak yang dihasilkan oleh kelompok tani kampung kopi luwak. “Ini merupakan salah satu program prioritas Kukar Idaman yaitu program hilirisasi produk pertanian dengan harapan kopi luwak dapat meningkatkan nilai tambah dan nilai jual produk ini yang akhirnya meningkatkan pendapatan para petani kopi luwak di Peranget Baru,” ujarnya.

 

Bahkan bupati Edi Damansyah menyebutkan bahwa awal tahun 2022 PHKT telah memberikan bantuan bibit kopi sekitar 34 ribu bibit untuk ditanam dan dikembangkan di Desa Peranget Baru. Tentu saja akan mendorong desa peranget baru sebagai salah satu sentra pengembangan kopi berkualitas di Indonesia.

“Ke depannya dapat diintegrasikan dengan program Agro Eduwisata selain pada lahan desa (16 Ha) maupun ada lahan masyarakat 60 Ha,” katanya.

 

Ditegaskan Bupati Edi Damansyah bahwa Pemkab Kukar berkomitmen dan mendukung pengembangan kampung kopi luwak desa peranget baru sebagai bentuk dorongan dan dukungan telah diberikan bantuan dan fasilitas seperti pembangunan rumah produksi dan lantai jemur, pengerasan jalan produksi sepanjang 500 meter, sarana produksi antara lain bibit kopi dan herbisida.

 

Kemudian fasilitas pengembangan SDM pengolah kopi (Barista) dengan sertifikasi nasional, kemudian dilanjutkan dengan bantuan pengerasan jalan produksi sepanjang 1.500 meter 2023, pembangunan embung, pembangunan rest area, penyususnan master plan Agro Eduwisata berbais kopi luwak.

 

“Saya terus berharap pengembangan kopi luwak ini tidak menggantikan komoditas karet yang sudah lama dikembangkan di wilayah ini, di mana Marangkayu sudah ditetapkan sebagai wilayah sentra pengembangan karet di Kaltim,” harapnya.

 

“Pengembangan kopi luwak ini menjadi alternatif sumber pendapatan bari bagi petani, khsususnya saat musim hujan di mana produksi karet menurun, namun justru produksi kopi meningkat. Saya juga berharap kelestarian alam sekitar tidak mengganggu habitat luwak yang berkembang secara liar, hewan luwak ini menjadi kunci utama dalam menghasilkan kopi luwak berkualitas,” harap Edi Damansyah.

 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Bontang AKBP Yusep Dwi Prasetiya, Camat Marangkayu Rekson Simanjuntak, Kades Peranget Baru Fitriyati, manajemen PHKT serta para kepala OPD terkait dan undangan lainnya. (Prokom10)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini0 pengunjung
Minggu Ini0 pengunjung
Bulan Ini0 pengunjung
Total Pengunjung273.541 pengunjung
Total Klik13.244.299 Kali