PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Dinsos Kukar Uji Coba Transformasi Digital Bansos Non Tunai

Sosial Budaya    1 minggu yang lalu   
Administrator    96 Kali

Sumber Foto: Prokom

Tenggarong - Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu dari tujuh kabupaten di Indonesia yang menjadi lokasi uji coba khusus pelaksanaan transformasi digital penyaluran bantuan sosial non tunai. 

 

Demikian  disampaikan Riyadi Kepala Bidang Penanganan Pakir Miskin (PM) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kutai Kartanegara.pada saat uji coba transformasi digital penyaluran bantuan sosial untuk dua desa yakni Desa Jembayan Kec Loa Janan dan Desa Margahayu Kec Loa Kulu. Kegiatan uji coba transformasi berlangsung di salah satu warung Toko Martuji RT 9 Desa Margahayu Kec.Loa Kulu. Sabtu (20/11/21). 

 

Dikatakan Riyadi mekanisme penyaluran baru uji coba ini mencakup, penyaluran melalui  QRIS  ( khusus bagi pengguna telpon pintar/android). SMS (ditujukan bagi pengguna telpon genggam biasa dan terakhir biomitric wajah. 

 

"Tujuan dari uji coba ini,untuk memudahkan KPM untuk belanja dalam berbagai modal pembayaran."ujarnya. 

 

Sementara itu Etty Rachmiyati dari Kementrian Sosial RI Bidang Direktorat Penanganan Pakir Miskin Wilayah dua mengatakan, ujicoba  transformasi digitalisasi ini memang direncana pemerintah, karena kedepannya semua bantuan sosial akan secara digital, tidak lagi menggunakan model yang lama. Tim uji coba akan melakukan koordinasi, observasi, pemutakahiran data , sosialisaai bersama -sama dengan Kementerian/lembaga, Bank Indonesia,Himbara, TNP2K dan pemerintah daerah terpilih. 

 

"Kami berharap masyarakat yang ada di Kab. Kukar khususnya di Desa Margahayu dan desa Jembayan betul - betul menerima manfaatnya,  terutama yang sudah dinyatakan dapat bantuan,"imbuhnya. 

 

Perlu diketahui sasaran uji coba bantuan sosial digital KPM PKH dan KPM kebutuhann pokok tersebut dialokasikan 50 KPM untuk satu desa dengan nilai satu KPM sebesar Rp 200.000 (Prokom-02).


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kukarkab.go.id

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini136 pengunjung
Minggu Ini1.972 pengunjung
Bulan Ini7.453 pengunjung
Total Pengunjung118.890 pengunjung
Total Klik3.021.795 Kali