PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

EIFAF 2013 Resmikan Dimulai

Sosial Budaya    9 tahun yang lalu   
   1205 Kali

Sumber Foto: Dirjen Pemasaran Kembudparkraf RI Esti R Rastuti (kiri) saat berpidato di podium pembukaan EIFAF 2013.(joe)

TENGGARONG – Erau International Folklore and Art Festival (EIFAF) 2013 Minggu (30/6) resmi dimulakan, ditandai  Penyalaan Obor Brong dan diakhiri atraksi menegangkan yaitu Terjun Payung oleh Pasukan Kopasus di  ketinggian 4000 kaki di atas lapangan Stadiion Rondong Demang Tenggarong.


Pembukaan EIFAF 2013 dilakukan Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasaran Kementerian Kebudayaan, Pariwisata dan ekonomi Kreatif (Kemenbudparkraf) RI Esti Reko Rastuti. Dihadiri Gubernur Kaltim Dr Aw Faruk Ishak, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari dan Wakilnya  Ghufron Yusuf unsur Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi Kaltim dan Kukar, Kepala SKPD, Direktur dan jajaran Internasional Organization Festival (IOF), 9  Dubes atau Konsulat negara peserta EIFAF dan tokoh lainnya. Disaksikan ribuan pasang mata warga Tenggarong dan turis lokal hingga manca negara.

Bupati Rita Widyasari mengatakan dilaksanakannya EIFAF 2013 adalah untuk lebih meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke wilayahnya. “Disamping  upaya Pemkab Kukar mendukung seni budaya maupun tradisi yang baik dan adiluhung yang berkembang di dalam masyarakat Kutai,” katanya.

Sementara Gubernur Kaltim Dr Aw Faruk Ishak sangat mengapresiasi pelaksanaan  EIFAF 2013. “Saya  menghargai betul komitmen Pemkab Kukar yang tetap  konsisten menjaga warisan budaya dan tradisi sekaligus mengembangkan dunia kepariwisataan Kaltim,” ujarnya. Dikatakan sebagai even pariwisata terbesar di Kaltim dan sudah dikenal secara nasional hingga keluar negari maka Erau patut di pertahankan keberadaannya. Karena Erau bukan saja sebagai upaya mempertahankan tradisi saja lebih dari itu Erau memiliki makna yang sangat dalam. “Diantaranya mampu mengedukasi generasi muda di daerah ini  terhadap akar budaya nenek moyang mereka,” demikian ujarnya.

Sedang Dirjen Pemasaran Kemenbudparkraf RI Esti Reko Rastuti meminta maaf kepada  Panitia  EIFAF 2013 dan  Pemerintah di Kaltim serta  masyarakatnya  jika di kesempatan pelaksanaan EIFAF 2013 ini menterinya tidak dapat hadir. “Beliau saat bersamaan sedang melaksanakan  tugas  kenegaraan yang tidak dapat ditinggalkan,” ujarnya. Dikatakannya kehadiran 9 peserta EIFAF dari luar negeri sangat penting artinya bagi kemajuan dunia wisata di daerah ini. Mereka jelas secara tidak langsung akan mempromosikan potensi senibudaya dan kepariwisataan negara kita. Menurutnya  pelaksanaan EIFAF memberikan berbagai dampak positif yaitu selain menunjukkan  kebesaran seni budaya dan tradisi bangsa juga memberikan alternatif mauopun peluang bagi kemajuan usaha ekonomi kreatif. Diharapkan pelaksanaan EIFAF 2013 dapat berjalan sesuai jadwal yang direncanakan. Hal ini penting sebagai kepastian even dan distinasi kegiatan budaya “Karena Erau di Tenggarong Kutai  tercantum dalam kalender pariwisata nasional,” demikian ujarnya.

Usai memberikan pidato Dirjen Esti Reko Rastuti bersama Gubernur Aw Faruk Ishak  dan Bupati Rita Widyasari serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi Kaltim menyalaskan obor brong sebagai tanda di mulainya Erau EIFAF 2013. Kemudian dilanjutkan dengan tari masal Eroh Begenjoh yang dilakukan 400 penari dengan memakai kostum dari berbagai etnik yang ada di Kutai. Seperti Dayak Kenyah, Benuaq, Kutai hingga suku lainnya.

Tari masal Eroh Begenjoh termasuk musik pengiringnya adalah  kolaborasi dari berbagai etnis yang menggambarkan tentang kegembiraan dan soliditas atau kerekunan sosial serta harapan menyongsong masa depan yang lebih cerah. Sedang akhir seremonial  pembukaan  EIFAF disuguhkan atraksi menebarkan berupa terjun payung dilakukan  10 terdiri pria dan wanita anggota pasukan Kopasus  dari Devisi Semarang. Sedang ke 9 peserta luar negeri yaitu Taiwan, Korea, Belgia, Yunani, Republik Ceko, Prancis, Thailand dan Togo.


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini228 pengunjung
Minggu Ini2.922 pengunjung
Bulan Ini13.158 pengunjung
Total Pengunjung198.015 pengunjung
Total Klik7.980.641 Kali