PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Erau Pelas Benua EIFAF Go Internasional

Sosial Budaya    9 tahun yang lalu   
   1130 Kali

Sumber Foto: Usai menggunting pita dilanjutkan dengan peninjauan Expo Erau 2013 bersama Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, Dirjen Pemasaran Kemenparekraf Esti Reko Astuti dan rombongan lainnya ikut melihat produk-produk kerajinan lokal.

TENGGARONG - Pesta adat dan seni budaya Erau Pelas Benua dan Internasional Folklore and Art Festival (EIFAF) yang juga diikuti oleh 8 negara anggota CIOFF (Internasional Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts) yakni Taiwan, Thailand, Yunani, Perancis, Republik Ceko, Belgia, Mesir, dan Korea, pada Minggu (30/6) siang lalu telah resmi dibuka Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Ktreatif (Kemenparekraf) Esti Reko Astuti di Stadion Rondong Demang, Tenggarong.

Usai membuka kegiatan tersebut yang di barengi dengan berbagai macam tarian kolosal, atraksi hingga terjeun payung oleh Kopassus TNI AU, mampu menghipnotis ribuan pengunjung yang ikut menyaksikan pembukaan erau dengan meriah. Dilanjutkan sambil berjalan kaki rombongan yang terdiri dari Dirjen Pemasaran Kemenparekraf Esti, Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, kepala SKPD dan undangan lainnya, bersama-sama menuju Gedung Bulutangkis untuk membuka resmi pameran expo erau.

Expo Earu tersebut di buka dengan penggungtingan pita oleh Bupati Kukar Rita Widyasari, bersama Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, setelah itu semua rombongan bersama sama masuk dan melihat langsung berbagai macam potensi kerajinan lokal yang dipamerkan, seperti sulaman ulap doyo, manik-manik hingga produk lokal menarik lainnya. Dikatakan Esti menyambut baik atas terselenggaranya pesta erau pelas benua yang tiap tahunnya selalu dilaksanakan dan semakin berkembang. Hal ini terbukti dengan ikut berpartisipasinya 8 negara CIOFF. "Luar biasa, saya melihat festival ini dapat dilaksanakan dengan baik, dan ternyata terus berkembang meningkat menjadi kelas go internasional," katanya.

Dikatakan Esti, memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, tentunya diharapkan kedepan akan terus dilestarikan dan dapat memberikan daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara dan mempromosikan potensi-potensi wisata di Indonesia khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara. "Saya sangat gembira menyaksikan pembukaan erau yang begitu meriah, dengan seni dan budaya dilestarikan dengan baik, begitu juga dengan nilai sejarahnya yang terlihat melekat sebagai daya tarik yang luar biasa," ujarnya.

Lagi sekali saya sangat berharap agar kegiatan ini terus dikembangkan dan dilestarikan dengan baik, sehingga dapat mendukung upaya pengembangan fasilitas dan daya tarik wisata, pencitraan promosi sektor pariwisata serta kearifan lokal lainnya yang merupakan suatu hal positif bagi kemajuan daerah. "Saya yakin melalui hal ini, Kutai Kartanegara akan semakin terkenal di dunia wisata dan sejarahnya yang dapat berdampak positif terhadap kunjungan wisata mancanegara,". Ujarnya.

Ditambahkan dia, kembali memberi apresiasi kepada pemkab Kukar maupun dari pihak Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang telah melaksanakan festival ini berjalan baik dan lancar serta menjaga ketertiban dan keamanan dalam menyambut festival erau pelas benua 2013. Pungkasnya. Sementara itu menurut koordinator pameran Expo, Witontro yang juga selaku kepala bidang pemasaran pada Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar, pameran Expo ini diikuti 33 stand yang terdiri dari para pengrajin, seniman dan pekerja produk kreatif Se-Kukar, yang akan berlangsung dari tanggal 30 Juni s/d 6 Juli 2013.

“ Untuk pameran Expo 2013 ini, pihak panitia hanya menampilkan produk – produk hasil olahan dari para pengrajin  yang ada di Kukar , dibawah binaan kelompok usaha bersama perempuan KUBP / ekonomi kerakyatan,  sekaligus dalam rangka meningkatkan penghasilan para perempuan yang ada di Kukar, sekaligus peningkatan ekonomi keluarga, jelas Witontro.  
 (hmp4)


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: https://prokom.kopidoni.com

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini206 pengunjung
Minggu Ini2.900 pengunjung
Bulan Ini13.136 pengunjung
Total Pengunjung197.993 pengunjung
Total Klik7.977.627 Kali