PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    BUKU TAMU    E-PANEL

Festival Gandrung Banyuwangi 2022 Dimulai, Bupati: Mari Jaga dan Lestarikan Budaya

Sosial Budaya    1 bulan yang lalu   
Administrator    62 Kali

Sumber Foto: Prokom

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka Festival Kesenian Gandrung tahun 2022 di Sasana Krida Bhakti, Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Jumat (16/12/2022) malam tadi. 

 

Pembukaan festival gandrung yang digelar oleh paguyuban Ikatan Kelurga Banyuwangi (Ikawangi) Kukar dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar tersebut, ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Edi. 

 

Dia didampingi Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Camat Tenggarong Sukono, Lurah Maluhu Bayu Ramadhani, Penasehat Ikawangi Kukar Safarudin Pabonglean, Ketua Ikawangi Kukar Roshid, dan Ketua Panitia Wahono.  

 

Puluhan pengunjung dan tamu undangan yang hadir semakin terhibur dengan penampilan para penari gandrung yang mengajak Bupati Edi dan rombongan untuk ikut menari gandrung.  

 

Edi menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Disdikbud Kukar yang memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini bersama paguyuban Ikawangi Kukar.

Sebagaimana diketahui, paguyuban di Kukar cukup banyak. Salah satunya Ikawangi dengan kesenian yang sudah dikenal ke seluruh pelosok Nusantara, yaitu Tari Gandrung.

Menurutnya, festival ini sangat mendukung Program Dedikasi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, yaitu Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F). Sesuai amanat misi ketiga RPJMD yang ingin dilakukan adalah Memperkuat Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

Sementara itu, dari sisi pelestarian budaya sejalan dengan misi kedua, yaitu Meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia, Unggul dan Berbudaya.

 

“Meskipun ini merupakan event budaya dan upaya pelestarian budaya Banyuwangi oleh Ikawangi yang ada di Kukar, khususnya di Kelurahan Maluhu ini, bukan mustahil akan menjadi event tetap tahunan jika digarap dan dikemas dengan baik,” kata Edi.

 

“Yang akan membawa efek domino terhadap ekonomi masyarakat Kukar secara umum dan masyarakat Tenggarong khususnya, hal ini sejalan dengan visi Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang ingin kita capai, yaitu Terwujudnya Kutai Kartanegara yang Sejahtera dan Berbahagia,” sambungnya. 

Selanjutnya, Pemkab Kukar sangat komitmen dan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan sebagai upaya untuk melestarikan budaya. Baik itu budaya Melayu Kutai sendiri, termasuk budaya berbagai paguyuban yang ada di Kukar. Melalui Disdikbud upaya pelestarian budaya dilaksanakan sebagai leading sektornya.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama kita menjaga dan melestarikan budaya yang berkembang di tengah masyarakat karena memang merupakan tugas kita bersama. Selamat melaksanakan festival kesenian gandrung semoga berjalan lancar dan sukses,” pintanya.  

 

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dan diikuti sebanyak 50 peserta dari berbagai kecamatan di Kukar. Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Kadis Perikanan dan Kelautan Kukar Muslik, Sub Koordinator Cagar Disdikbud Kukar M Saidar, perwakilan Dinas Pariwisata Kukar, dan para ketua paguyuban di Kukar. (Prokom05)

 

 

 

 

 

 

 


TINGGALKAN KOMENTAR


Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan

Jl. Wolter Monginsidi No.1 Tenggarong 75511 - Kutai Kartanegara - Kaltim

Telp: 0541-662088 ext.314   Fax: 0541-661690
Email: humaskukar@kukarkab.go.id
Website: http://localhost:8041

STATISTIK KUNJUNGAN
Hari Ini34 pengunjung
Minggu Ini2.814 pengunjung
Bulan Ini11.598 pengunjung
Total Pengunjung275.662 pengunjung
Total Klik12.542.166 Kali